id
id

UTM & Universitas Indonesia (UI) Kembali Perkuat Kerjasama Pendidikan dan Penelitian

Sudah lebih dari satu dekade sejak inisiatif pertama untuk kerjasama penelitian antara Sekolah Teknik Mesin (Fakultas Teknik Mesin saat itu) UTM dan Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI). Tahun ini, kembali dilakukan perkuatan kolaborasi dan penyegaran antara kedua belah pihak. Prof. Normah Mohd Ghazali, salah satu dosen pertama STM UTM yang berkunjung ke FTUI, pada September 2022 kembali berkunjung dengan membawa tiga sivitas akademika junior untuk melanjutkan kerjasama dan mungkin membuat yang baru.

Selama 4 hari, pada 7-10 September 2022, rombongan STM UTM dan tim DTM FTUI berdiskusi tentang potensi kolaborasi antara dosen junior dan senior dari kedua institusi serta kunjungan ke laboratorium penelitian terlibat. UTM saat ini memiliki banyak laboratorium terbaru dengan indoor air quality, dan rig eksperimental pendingin dan pendingin udara di antaranya.

Dr. Natrah Kamaruzaman, Dr. Wong Keng Yinn, dan Dr. Muhammad Faiz Hilmi Rani, tiga dosen junior dari FTM UTM diberi kesempatan untuk berbagi karya penelitiannya dengan para mahasiswa pascasarjana dari FTUI. Dua jam presentasi dan tanya jawab berlalu dengan cepat di mana mereka berbagi pengetahuan terkait penelitian di bidang kualitas udara dalam ruangan, heat sink microchannel, dan sistem manajemen termal.

Ketua Departemen Teknik Mesin FTUI, Dr. Agus Sunjarianto Pamitran dan Guru Besar DTM FTUI, Prof. Idrus Al-Hamid telah menjalin kerjasama dengan kelompok penelitian Air-Conditioning Engineering Research (ACER) di STM UTM sejak beberapa tahun lalu. Kerjasama penelitian ini mencakup joint supervision untuk mahasiswa pascasarjana dan publikasi bersama.

Prof. Normah juga membantu membuka peluang kerja sama UI dengan Rennes University Institute of Technology untuk pengembangan hotel di wilayah Bali atau Lombok dengan pengusaha asal Prancis. Proyek ini mendapat pendanaan dari Kedutaan Besar Indonesia-Perancis.

Berdasarkan hasil diskusi lebih lanjut, beberapa potensi kerjasama dan kolaborasi antara kedua institusi juga telah dibahas dan siap dijalankan. Semoga kedepannya hubungan jejaring antara DTM FTUI dan STM UTM dapat terus berjalan dan berkelanjutan dengan hasil yang unggul dan berdampak bagi masyarakat.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X