FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Video Virtual Reality Produksi FTUI Bantu Populerkan Taman di Kota Depok

Sejumlah Mahasiswa dan Dosen dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berinisatif meningkatkan popularitas Taman Kelurahan yang ada di sejumlah wilayah di Kota Depok dengan memanfaatkan teknologi video berbasisVirtual Reality (VR). Tim FTUI menjalin kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok sebagai bentuk Pengabdian sivitas akademika FTUI kepada masyarakat.

Tim FTUI terdiri atas Dr. Eng. Radon Dhelika (Dosen Departemen Teknik Mesin FTUI) dan tiga mahasiswa FTUI, yaitu Muhammad Arifin Julian, Refanka Nabil Assalam dan Irfan Budi Satria. Program ini terselenggara atas dukungan penuh Hibah Program Pengabdian Kepada Masyarakat FTUI “FT UI Peduli” Tahun Anggaran 2018.

Radon menuturkan, “Virtual Reality merupakan salah satu teknologi masa depan. Dengan video-video VR ini, terutama diharapkan dapat menyasar segmen pelajar dan pemuda Kota Depok agar tertarik menjelajahi taman-taman kelurahan.” Pada periode pertama ini, FTUI telah menyerahkan lima video VR Taman Kota Depok, yaitu: Taman Lembah Gurame, Taman Lembah Mawar, Taman Mekarsari, Taman Beji Timur, dan Taman Tapos. Serah terima Video dilakukan pada Senin (22/10) yang diterima langsung oleh Ibu Etty Suryahati selaku Kepala DLHK Kota Depok.

“Program ini saya pikir sangat positif. Ke depannya perlu lebih banyak kolaborasi antara kampus dan pemerintah seperti ini agar inovasi-inovasi dari kampus bisa tepat guna dan dapat dimanfaatkan di lapangan” ujar Etty Suryahati. Diharapkan kedepannya program ini dapat diteruskan dengan melengkapi seluruh taman di daerah Kota Depok dengan video VR.

Video dengan format khusus diambil dari beberapa taman, lalu diunggah ke YouTube agar bisa diakses oleh publik. Dengan menggunakan perangkat khusus, yaitu VR box, maka pengguna dapat merasakan pengalaman visual seolah-olah sedang berada di taman tersebut dan dapat melihat taman dalam sudut penuh 360 derajat. Memanfaatkan teknologi VR ini, warga Depok kini bisa menikmati taman-taman tanpa menginjakkan kaki ke luar rumah.

Pembangunan taman kelurahan di Kota Depok merupakan salah satu program Pemerintah Kota Depok. Pada tahun 2017, DLHK Kota Depok telah membangun 21 taman yang tersebar di 11 kecamatan. Sedangkan di tahun 2018, DLHK menargetkan pembangunan 12 taman. Meskipun telah banyak taman-taman baru yang telah dibangun, namun sebagian besar masyarakat belum tahu akan keberadaan taman-taman tersebut.

https://megapolitan.antaranews.com/berita/45155/ftui-bantu-populerkan-taman-kota-depok