id
id

Workshop dan Sosialisasi K3L Kantin FTUI

Untuk meningkatkan kualitas kantin FTUI, Dekanat FTUI bekerjasama dengan UPT K3L UI (Unit Pelaksana Teknis Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan) mengadakan Workshop dan Sosialisasi K3L Kantin FTUI. Workshop dilaksanakan pada 23-24 November 2017 bertempat di Ruang EC203, Gedung Engineering Center FTUI. Acara Workshop dibuka oleh Manajer Umum dan Fasilitas FTUI, Jos Istiyanto, Ph.D. Workshop diisi dengan pembicara Yuni Kusminanti, SKM., M.Si dari UPT K3L UI yang juga merupakan pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.

Materi yang diberikan pada workshop ini diantaranya penerapan aspek keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) kantin di lingkungan UI. Workshop ini menjelaskan tentang langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikasi laik hygiene yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan daerah setempat. Nantinya seluruh kantin yang ada di lingkungan UI harus mempunyai sertifikat laik hygiene dari dinas kesehatan.

UPT K3L UI membantu para pedagang untuk mendapatkan sertifikasi laik hygiene dari dinkes dengan beberapa tahapan, diantaranya tahap 1 pelatihan hygiene dan sanitasi pengelola kantin, inspeksi kantin, sampling makanan dan minuman (bakteriologis), analisa data; tahap 2 pengajuan sertifikasi hygiene serta sosialisasi.

Program ini bertujuan untuk memenuhi standar kantin laik hygiene yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku serta bermanfaat untuk menciptakan lingkungan kantin yang sehat dan selamat baik bagi pelanggan yaitu civitas akademika UI maupun penjamah makanan di area kantin tsb, meningkatkan citra UI sebagai universitas yang mengusung Green Campus, serta meningkatkan nilai jual jasa boga sebagai kantin sehat.

Saat ini kantin FTUI yang biasa disebut Kantek merupakan salah satu kantin terbaik di lingkungan FTUI ditinjau dari tata kelola kantin, kualitas makanan serta penerapan cashless yang membantu meminimalisir kontak pedagang dengan uang dan meningkatkan hygienitas makanan. (Humas FT)

X