Pada tanggal 19-22 Oktober 2015, Fakultas Teknik khususnya Departemen Arsitektur bekerja sama dengan University of Florida dan Cardiff University mengadakan Joint International Stakeholder Workshop of Global Innovation Initiative Project: “Novel Approaches of Employing GI to Enhance Urban Sustainability” (Pendekatan Baru dalam Mengimplementasikan infrastruktur hijau untuk Meningkatkan Keberlanjutan Perkotaan). Workshop dibuka oleh Wakil Dekan I FTUI, Dr. M. Asvial, M.Eng dan dilanjutkan dengan sambutan dari Departemen Arsitektur FTUI yang diwakili Prof. Kemas Ridwan Kurniawan. Ph.D. Hadir dalam workshop ini tim dari University of Florida: Prof. Christopher Silver (The Dean of College of Design, Construction and Planning), Prof. Robert Ries, Prof. Jocelyn Widmer, Prof. Bradlew Walters, dan Dr. Jorg Rhakittae; perwakilan dari Cardiff University: Prof. Chris Tweed, Prof. Andrea Frank, Prof. Andrew Flynn, Prof. Gabriella. Juga turut hadir dalam workshop ini perwakilan dari Pemda Depok dan Muara Angke, LSM, anggota Komunitas Depok dan Muara Angke.

Workshop ini menjabarkan tema Pendekatan Baru dalam Mengimplementasikan Infrastruktur Hijau untuk meningkatkan Keberlanjutan Perkotaan. Perkotaan adalah rumah bagi 50% dari populasi dunia dan mesin ekonomi yang penting. Dampak lingkungan hidup perkotaan dan pembangunan mulai dari pencemaran, perusakan habitat tumbuh tumbuh secara signifikan dan mencapai level kritis dengan adanya urbanisasi yang diperkirakan akan mencapai 70% pada tahun 2050. Dengan demikian, penting untuk secara radikal memikirkan kembali fungsi dan desain lingkungan perkotaan. Oleh karena itu workshop ini mencoba untuk mencari jenis pendekatan baru yaitu pendekatan multidisiplin yang peka terhadap budaya, pengetahuan dan keahlian lokal, serta untuk mempromosikan solusi kontekstual yang sensitif.

Niat ini diharapkan akan dicapai melalui serangkaian workshop yang diselenggarakan oleh tiga universitas mitra yang akan bersama-sama membawa ahli dan pengetahuan lokal untuk secara seksama mengeksplorasi bagaimana praktek Infrastruktur Hijau dapat berhasil dipindahkan dan diimplementasikan dari satu lokasi ke lokasi lain.

Sejak pertemuan awal di University of Florida, telah disepakati bahwa fokus workshop ini akan berada dalam bidang air. Banyak ahli yang mengunjungi Jakarta telah menganjurkan berbagai teknologi hijau untuk mengatasi kekurangan pengelolaan lingkungan tetapi belum dapat ditangani dan diimplementasi. Setiap usul yang disarankan belum dibingkai dalam jenis pendekatan manajemen adaptif yang kami usulkan. Proyek ini akan menguji seberapa jauh efisiensi dan konservasi sumber daya dapat diwujudkan melalui integrasi informasi Infrastruktur Hijau di daerah perkotaan.

Workshop ini akan mencakup kunjungan ke empat lokasi berbeda yang mewakili berbagai jenis kondisi air dan perawatan yaitu di: Kampus UI Depok, Setu Babakan, Ancol dan Muara Angke. Focus Group Discussion dan seminar akan diikuti oleh berbagai ahli dan pemangku kepentingan dan ditutup oleh presentasi temuan masing-masing kelompok.(Humas FTUI)

FacebookTwitter
X