Kagoshima 2

FTUI bekerjasama dengan Kagoshima University serta Universitas Budi Luhur dan Yayasan Bambu Indonesia mengadakan workshop internasional yang dihadiri mahasiswa dari ke 2 universitas dengan total peserta sebanyak 60 mahasiswa dari ke 2 negara. Workshop dilaksanakan pada 20 Maret 2015 bertempat di Ruang AHM, Gedung Engineering Center, FTUI. Acara workshop dibuka oleh Direktur Kerjasama, Kemahasiswaan, Alumni, dan Ventura,  Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng dan workshop ini dimotori oleh Prof. Kozo Obara dari Kagoshima University

Dalam workshop ini dibahas beberapa hal, terutama yang terkait dengan hal-hal yang berwawasan lingkungan serta masyarakat yang berkelanjutan (sustainable society), misalnya tentang bagaimana konsep sustainable society dengan memasukkan unsur kreativitas dalam pengelolaan barang bekas sehingga memberikan nilai tambah serta nilai guna barang bekas tersebut. Selain itu konsep sustainable society juga bisa diterapkan dalam gaya hidup serta pola pikir sehari-hari sehingga tercipta kehidupan serta lingkungan yang lebih hijau.

Hal lain yang dibahas dalam workshop ini adalah tentang arti persaingan dan kerjasama dimana hal tersebut digambarkan dalam salah satu sejarah Jepang  yaitu dalam perang Anglo-Satsuma. Hal ketiga yang dibahas dalam workshop ini adalah konsep ekonomi hijau sebagai salah satu konsep ekonomi baru yang merupakan kunci untuk pembangunan ke tahap berikutnya. (Humas FT)

FacebookTwitter
X