Untuk meningkatkan pemahaman dalam Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2017, Manajemen Dekanat FTUI mengadakan Workshop Penyusunan RKAT 2017. Workshop ini diadakan pada hari Rabu, 21 September 2016 bertempat di Ruang Chevron, Gedung Dekanat FTUI. Workshop ini menghadirkan pembicara dari Badan Perencanaan, Pengembangan dan Pengendalian Universitas (BP3U) UI yaitu Kepala BP3U, Prof. Dr. Ing. Nandy Setiadi Djaya Putra serta Adi Waskito dan Farkhan Anies dari BP3U UI. Workshop dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng.

Dalam workshop ini dibahas 2 materi yaitu Materi 1 tentang Penjelasan Indikator Evaluasi Kinerja Perangkat Kerja Rektor dan Materi 2 tentang Penjelasan Evaluasi Kinerja Fakultas Teknik. Dalam materi 1 dijelaskan tentang Penilaian Kinerja Perangkat Rektor, Tujuan Evaluasi Kinerja Perangkat Rektor, Aspek Evaluasi Kinerja Perangkat Rektor, Indikator Aspek Implementasi, Pengukuran dan Penilaian Aspek Strategis Implementasi Kesesuaian dan Evaluasi, Bobot Kinerja,Pelaporan Hasil Kinerja serta Capaian Sasaran Strategis dan Capaian Kontrak Kinerja.

Sedangkan pada materi ke 2 dijelaskan tentang Evaluasi Kinerja Fakultas Teknik dimana dapat disimpulkan bahwa pencapaian kinerja FT pada triwulan 1 dan 2 masih kurang karena pelaporan kinerja yang belum cermat; terdapat indikator kinerja yang belum selaras dengan target/belum tepat; terdapat istilah-istilah pada SIPKA yang mungkin kurang dipahami sehingga mengakibatkan belum tepatnya pelaporan kinerja serta terdapat jenis konsolidasi data yang masih belum sesuai, sehingga nilai capaian kegiatan menjadi tidak tepat.

Beberapa saran untuk memperbaiki keadaan tersebut diantaranya: perlu ditingkatkan pemahaman mengenai penyusunan kegiatan beserta penetapan indikatornya; perlu lebih cermat dalam hal pelaporan capaian target kinerja, sehingga tidak menimbulkan nilai efisiensi minus; melaporkan kegiatan yang sudah tercapai target kinerjanya; serta pelaporan capaian kinerja sebaiknya segera dilakukan setelah output kegiatan. (Humas FT)

FacebookTwitter
X