id
id

Career Talk 2022: Energizing the Future, Energizing the Youth

Society of Renewable Energy Universitas Indonesia (SRE UI) berkolaborasi dengan Career Development Center Fakultas Teknik Universitas Indonesia (CDC FTUI) menyelenggarakan kegiatan Career Talk 2022 dengan tema Energizing the Future, Energizing the Youth.

Pre-event kegiatan ini diselenggarakan pada 16–17 Maret 2022 dengan mengundang Raymond Chin selaku CEO & Founder Ternak Uang, Amira Bilqis selaku Associate Officer The ASEAN Center for Energy, dan Fitrian Ardiansyah selaku Kepala Eksekutif & CEO IDH (Inisiatif Dagang Hijau) Indonesia. Pada pre-event tersebut, tema yang dibawakan adalah Delivers and Challenges for Green Investor. Dengan pembahasan tersebut, peserta yang notabene adalah mahasiswa serta member dari SRE UI dapat mengetahui peluang investasi di bidang Green Industry serta tantangan yang akan dihadapi.

Untuk memperkenalkan Green Jobs lebih jauh, pada main event yang diselenggarakan pada 19-20 Maret, hadir pembicara yang ahli di bidangnya,

  1. Beni Suryadi, (Manager of Policy Research and Analytics at ASEAN Center for Energy)
  2. Agung Hermawan (Ketua Asosiasi Energi Angin Indonesia)
  3. I Made Aditya Suryawidya (Sekretaris Jenderal Asosiasi Energi Surya Indonesia)
  4. Prijandaru Effendi (Ketua Asosiasi Energi Panasbumi Indonesia)
  5. Azis Armand (Wakil Direktur Utama dan CEO Grup Indika Energy
  6. Adriel SImorangkir (Strategic & Technical Advisor PT Pertamina Power Indonesia)
  7. Muhammad Rizki (Manajer Bioenergi PLN)
  8. Aufar Nugraha (Project Manager GE Grid Solutions)
  9. Dwi Anasthasia Pasaribu (Project Manager Schneider Electric Energy & Sustainability Services)

Materi yang disampaikan menyangkut peluang karier di bidang Green Industry yang saat ini sedang dibutuhkan di Indonesia dan bagaimana gambaran luas mengenai industri ini. Beberapa tahun lalu, lulusan teknik berlomba-lomba masuk ke dunia oil and gas, tetapi sekarang dunia industri sudah berubah dan banyak yang menginginkan untuk masuk ke dunia renewable energy. Menurut Beni Suryadi, selaku Manager of Policy Research and Analytics at ASEAN Center for Energy, ke depannya akan muncul bidang pekerjaan baru yang belum ada saat ini, atau pekerjaan yang sudah ada dikerjakan dengan cara yang berbeda.

Mengutip laporan World Economic Forum, mengenai pekerjaan-pekerjaan yang dibutuhkan di masa mendatang, bidang renewable energy menjadi salah satu bidang pekerjaan yang akan terbuka lebar dibandingkan oil and gas.

Berhubungan dengan peluang karier yang akan dihadapi oleh mahasiswa atau lulusan Fakultas Teknik ke depannya, Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Career Talk ini menjadi bagian dari perjalanan mahasiswa atau lulusan menentukan langkah selanjutnya. “Baiknya, kita berkarier sesuai bidang keilmuan yang kita miliki, namun realitas yang ada sering pula menunjukkan kita akhirnya berkarier di luar kompetensi keilmuan yang kita pelajari sebelumnya. Dengan demikian, di manapun berkarier, semuanya menginginkan menjadi yang terbaik di bidangnya.”

Dengan adanya kegiatan seperti Career Talk ini, diharapkan mahasiswa atau lulusan Fakultas Teknik Universitas Indonesia memiliki informasi yang lebih luas mengenai bidang karier ke depannya serta memberikan pengetahuan dan kontribusi yang positif dan konkrit untuk pembangunan Green Industry bagi bangsa dan negara tercinta Indonesia pada umumnya.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X