id
id

2000 Mahasiswa Baru FTUI Mengikuti PSAF dan MADK FTUI

Pada hari Kamis, 15 Agustus 2024, FTUI menyelenggarakan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) di Balairung UI. Acara ini dirancang untuk memperkenalkan sistem akademik kepada mahasiswa baru dari berbagai program, termasuk program Sarjana (Reguler, Paralel, dan Internasional) serta Pascasarjana (Magister, Doktor, dan Profesi). Jumlah peserta PSAF terdiri dari 1.583 mahasiswa program Sarjana dan 619 mahasiswa program Pascasarjana.

Kegiatan PSAF FTUI 2024 dimulai dengan berbagai tayangan video yang memberikan gambaran umum tentang fakultas. Video yang diputar mencakup profil FTUI, fasilitas yang tersedia, laboratorium fisika, serta prestasi mahasiswa FTUI selama tahun 2023. Selain itu, disajikan juga quiz untuk memberikan penyegaran awal pada kegiatan ini. Setelah pemutaran video, dilanjutkan dengan video safety induction untuk memberikan informasi mengenai keselamatan di area Balairung. MC kemudian membuka acara secara resmi dan mahasiswa baru menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Genderang UI”.

Kegiatan berlanjut dengan sambutan dari Plh. Dekan FTUI, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., yang memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru. Sambutan ini diikuti dengan perkenalan manajemen fakultas dan departemen FTUI periode 2022-2026.

Dalam sambutannya, Prof. Mahmud menyambut para mahasiswa baru FTUI, ”Selamat datang di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, tempat di mana anda semua akan ditempa menjadi insinyur dan pemimpin masa depan. Di sini, anda akan menghadapi tantangan, belajar, dan berkembang dalam lingkungan yang penuh inovasi dan integritas. Perjalanan di FTUI bukan hanya tentang mencapai gelar, tetapi juga tentang membentuk karakter, etika, dan kontribusi bagi masyarakat. FTUI akan menjadi rumah kedua di mana mimpi-mimpi besar mulai diwujudkan.”

Setelah sambutan dan perkenalan, acara dilanjutkan dengan Diskusi Tokoh yang dimoderatori oleh Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Kerjasama, Ventura, dan Alumni Fakultas Teknik UI. Diskusi ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia periode 2019-2024, sebagai narasumber dengan tema “Bisakah Insinyur Jadi Pengusaha?”

Diskusi ini memberikan wawasan kepada mahasiswa baru mengenai hubungan antara profesi insinyur dan dunia wirausaha. Setelah sesi diskusi, acara ditutup dengan sesi tanya jawab (QnA), mahasiswa baru dapat mengajukan pertanyaan terkait topik diskusi maupun sistem akademik di FTUI. Mahasiswa yang aktif bertanya dalam sesi ini mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi.

Setelah kegiatan PSAF, mahasiswa baru program Sarjana diarahkan untuk mengikuti Masa Adaptasi Dunia Kampus (MADK) yang berlangsung selama dua hari, pada 15–16 Agustus 2024. MADK bertujuan membantu mahasiswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial kampus, mengembangkan sikap proaktif, dan memahami kompetensi inti dalam dunia perkuliahan.

Selain MADK, terdapat juga kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Departemen (PSAD) yang bertujuan untuk mengenalkan sistem akademik departemen pada Fakultas Teknik UI. Kegiatan MADK menargetkan mahasiswa baru untuk mendapatkan relasi dengan teman seangkatan di lingkup Departemen, membangun solidaritas melalui kerja sama dengan teman seangkatan di lingkup angkatan, memahami serta menunjukkan rasa inisiatif & tanggung jawab dalam menjalani dunia perkuliahan, mengetahui dan dapat mengaplikasikan core competence jurusannya serta menyadari pentingnya ilmu agama sebagai landasan kehidupan serta bentuk tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa. Acara MADK ditutup dengan kegiatan yang berkolaborasi dengan Kreasi Mahasiswa BEM FTUI untuk merayakan dan merefleksikan pengalaman mahasiswa baru selama MADK.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X