id
id

Jalin Silaturahmi Senat Akademik FTUI Terima Kunjungan Senat Akademik Fakultas Teknik Universitas Hasanunddin dan Senat Akademik Fakultas Teknik Universitas Tidar

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI)  menerima kunjungan Tim Senat Akademik Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar dan juga Tim Senat Akademik Fakultas Teknik Universitas Tidar, Magelang, bertempat Makara Smart Meeting Room Gedung Dekanat FTUI pada, Rabu (13/12/2023). Kunjungan ini diterima oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Ketua Senat Akademik FTUI, Prof. Dr. Kemas Ridwan Kurniawan, S.T., M.Sc., dan Sekertaris SAF, Prof. Dr. Yudan Whulanza, S.T., M.Sc., beserta jajaran Anggota Senat Akademik FTUI.

Menyambut kunjungan tersebut, Prof. Yanuar mengatakan, “Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturahmi antara FTUI dan FT UNHAS dan juga UNTIDAR kedepannya semakin baik. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan dapat saling meningkatkan penerapan fungsi Senat Akademik Fakultas (SAF) dalam membantu mewujudkan visi dan misi di masing-masing institusi kita.”

Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman tentang pelaksanaan tupoksi Senat Akademik Fakultas khususnya terkait Pendidikan, Penelitian, Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat, dan Kerja Sama baik kerja sama industri maupun kerja sama akademik. Dalam pemaparannya, Ketua SAF-FTUI Prof. Kemas Ridwan Kurniawan menyampaikan bahwa Senat Akademik Fakultas (SAF) di FTUI adalah organ Fakultas yang menyusun, merumuskan, menetapkan kebijakan, memberikan pertimbangan dan melakukan pengawasan penyelenggaraan kegiatan akademik di tingkat Fakultas.

“SAF merupakan pelaksana pengawasan akademik di tingkat fakultas. SAF sebagai organ Legislatif senantiasa bersinergi dan bermitra dengan Pimpinan Dekanat FTUI sebagai organ Eksekutif Fakultas. Kami di SAF merespon visi “FTUI Unggul Berdampak” dari Dekan FTUI dengan moto “Adaptif, Antisipatif serta Kontributif menghadapi tantangan perubahan mendatang.” Ini adalah refleksi tugas yang harus diemban oleh SAF saat ini,” jelas Prof. Kemas.

Prof. Salama Manjang, Ketua Tim Senat Akademik FT UNHAS, berterima kasih atas penerimaan jajaran SAF FTUI. ”Kami sangat berterimakasih atas kesediaan pimpinan dan jajaran senat akademik FTUI menerima kunjungan ini kami sedang melakukan kajian dalam pembukaan prodi, karena banyaknya kebutuhan masyarakat. Selain itu juga, adanya pertimbangan dari pemerintah. Sehingga, kami ingin belajar dari pengalaman FTUI dalam membuka prodi baru.”

Lebih lanjut Ir. Nurhadi,S.T.,M.T., IPM, Ketua Senat FT UNTIDAR juga menyampaikan, “Kami sesungguhnya datang ke FTUI ini bukan bermaksud untuk studi banding tetapi lebih tepatnya kami ingin “studi tiru” karena kami dibandingkan dengan FTUI sangatlah jauh. Jadi pada kesempatan ini kami ingin belajar sebanyak-banyaknya dari FTUI sehingga hasil yang kami dapatkan dari sini dapat kami terapkan di kampus kami.”

Pada kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU menyampaikan, “Kegiatan ini menjadi momentum berharga untuk mempererat tali persaudaraan antar lembaga akademik. Kolaborasi dan pertukaran ilmu pengetahuan antar universitas sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia penting untuk dijalankan. Adanya pertukaran pengalaman dan pemahaman antara lembaga-lembaga ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang teknik. Semangat kerjasama ini juga mencerminkan komitmen bersama dalam mendukung visi dan misi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tingkat nasional.”

Tim Senat Akademik FTUI yang hadir dalam pertemuan ini terdiri dari Ketua SAF, Prof. Dr. Kemas Ridwan Kurniawan, S.T., M.Sc; Sekretaris SAF, Prof. Dr. Yudan Whulanza, S.T., M.Sc; Anggota SAF, Prof. Ir. Widjojo Adi Prakoso, M.Sc., Ph.D; Dr. Ir. Yuliusman, M.Eng.; Prof. Dr. Ir. Rini Riastuti, M.Sc dan Dr. Ir. Achmad Hery Fuad, M.Eng.

Tim  Senat Akademik FT UNHAS yang hadir dalam kunnjungan ini diantaranya, Prof. Dr. Ir. Salama Manjang, MT (Ketua Senat FTUH); Prof. Dr.Ing. H. M. Yamin Jinca, MSTr; Prof. Dr. Ir. Sakti Adji Adisasmita, M.Eng.Sc.PhD; Prof. Dr. Ir. Syafruddin Syarif, MT, Subair Samad, SE. dan Dirham, S.Pd. sedangkan dari FT UNTIDAR diantaranya, Ir. Nurhadi,S.T.,M.T., IPM; Agung Trihasto, S.T., M.Eng.; Prof. Dr. Ir. Suyitno, S.T., M.Sc., IPM.; Prof. Dr. Ir. Gito Sugiyanto, S.T., M.T., IPM. ASEAN Eng.; Dr. Ir. Sigit Iswahyudi, S.T., M.T.; Xander Salahudin, S.T.M,Eng.; M. Anis Rakhmawati, S.T., M.T., IPM.; Ir. Bagus Fatkhurrozi,S.T.,M.T.. IPM.; Ir. Trisma Jaya Saputra, S.T., M.T.; Ir. Herlita Prawenti, S.T.M.T.; Rheza Ari Wibowo, S.Si., M.Eng.; Ir. Fuad Hilmy, ST., M.T., IPP.; Ir. Dwi Sat Agus Yuwono, M.T.; Ir. Nila Nurlina, S.T., M.T.; Anisa Dewi Prajanti, S.Kom., M.T. dan Sigit, S.T.

###

Kantor Komunikasi dan Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X