id
id

Gali Masukan Untuk Beri Pelayanan Lebih Baik, Dekan Temui Mahasiswa Asing FTUI

Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan pertemuan bersama Mahasiswa Asing dari berbagai program pendidikan yang diselenggarakan oleh FTUI. Pertemuan ini bertempat di Ruang Senat Akademik Gedung Dekanat Lantai 2 FTUI, pada Senin (05/06/23) lalu, dengan tujuan untuk mengetahui kehidupan akademik dan kemahasiswaan para Mahasiswa Asing yang mengenyam pendidikan di FTUI.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D. DIC., Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, juga para Mahasiswa Asing dari berbagai program pendidikan yang diselenggarakan oleh FTUI, meliputi program Sarjana dan Pascasarjana serta skema pertukaran pelajar, full degree, dan beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB).

“Kami dari pihak pimpinan juga khususnya Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI, membuka kesempatan kepada teman-teman, untuk menyampaikan apa kebutuhan, kendala, atau harapan selama menjalani studi di FTUI. Harapannya dari apa yang disampaikan oleh teman-teman di sini, dapat kami tampung sebagai bahan saran dan evaluasi. Semoga studi teman-teman pun dapat sukses hingga akhir studi,” ungkap Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan FTUI dalam sambutannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kebutuhan, kendala, dan harapan masing-masing Mahasiswa Asing yang menjalani studi di FTUI. Banyak dari mereka yang memberikan respons positif terhadap Dosen, Tenaga Pendidik, dan Mahasiswa lainnya di lingkungan FTUI, yang sangat suportif terhadap studi yang mereka jalani.

Salah satu dari kedua puluh satu Mahasiswa Asing menuturkan bahwa “Kegiatan perkuliahan di lingkungan FTUI, sangat mendukung saya untuk produktif belajar. Tidak hanya dari pihak Dosen dan Tenaga Pendidiknya, juga dari teman-teman mahasiswa pun sangat suportif untuk sama-sama belajar. Saya pun menjadi optimis untuk semangat mengenyam pendidikan di FTUI beberapa waktu ke depan,” kata Sunny Tiwari, Mahasiswa Program Pascasarjana Teknik Mesin asal India.

Namun, beberapa dari mereka pun masih ada yang terkendala dalam hal penggunaan bahasa Indonesia ketika kegiatan perkuliahan sehingga memerlukan kursus bahasa. Selain itu, ada juga keresahan yang mereka rasakan dalam hal kenyamanan fasilitas tinggal di Asrama.

“Keresahan yang dialami dan dirasakan akan menjadi bahan evaluasi bersama untuk memberikan kemudahan studi bagi para Mahasiswa Asing. Mahasiswa Asing sendiri berada di bawah naungan dan pengawasan Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI. Maka, untuk mengembangkan unit ini, kami memiliki target untuk terus mengembangkan Mahasiswa Asing, baik dari segi kebutuhan akademik, kemahasiswaan, atau pun fasilitas yang mereka dapatkan,” ujar Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X