id
id

Bahas Topik Urban Planning, PWK FTUI dan University of Pennsylvania Selenggarakan Public Lecture 2023

Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan Public Lecturer 2023 dengan tajuk “Research Trends in Urban Planning” bersama narasumber Eugenie L. Birch, Ph.D., FAICP., University of Pennsylvania USA dan dipandu oleh moderator Dr.-Ing. Ova Candra Dewi. S.T., M.Sc., GP.

Public Lecture 2023 ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting, pada (28/08) lalu. Kegiatan ini pun menjadi rangkaian kegiatan dari Bootcamp for Academic Writing 2023 yang diselenggarakan oleh PWK FTUI.

Isu yang dibahas dalam kegiatan ini sangat menarik, yaitu soal Urban Planning. Prof. Eugenie mengungkapkan bahwa “Urban Planning menjadi bentuk pengaturan penggunaan ruang yang berfokus pada bentuk fisik, fungsi ekonomi, dan dampak sosial. Artinya urban planning menjadi tata kelola dalam perencanaan kota yang mengacu pada kepentingan teknik, arsitektur, sosial dan politik. Maka kegiatan ini  merupakan profesi teknis, upaya yang melibatkan kemauan politik dan partisipasi publik, serta disiplin akademis.”

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa Urban Planning saat ini seolah menjadi tren dalam lingkup penelitian. Hal ini berkaitan dengan urgensi dari keadaan saat ini yang memang diperlukan dalam membenahi tata kelola kota.

“Perencanaan kota tentu menjadi masalah krusial yang sangat berkaitan dengan pengembangan lahan terbuka. Perencanaan ini harus dilakukan dengan merevitalisasi bagian-bagian kota yang ada. melibatkan penetapan tujuan, pengumpulan dan analisis data, perkiraan, desain, pemikiran strategis, dan konsultasi publik. Maka, suatu perencanaan kota tidaklah dirancang secara asal, tetapi membutuhkan perencanaan untuk menuju perubahan,” jelas Prof. Eugine.

Topik yang diangkat adalah topik yang saat ini kerap diperbincangkan sehingga memberikan respons signifikan dari para peserta Public Lecture ini. Adapun para peserta merupakan mahasiswa dari Program PWK FTUI, akademisi, dan juga para peserta BRAIN 2023.

Dari kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermasnyah, S.T., M.Eng., IPU., menyampaikan “Topik Urban Planning memang saat ini adalah topik yang responsnya akan terlihat sangat signifikan sebab topik ini berusaha menguraikan solusi yang bertujuan untuk meningkatkan atau mengkualifikasi ulang kawasan perkotaan yang ada, serta menciptakan urbanisasi baru di wilayah tertentu. Ilmu yang diberikan oleh Prof.  Eugenie, semoga dapat diserap dengan baik oleh para peserta sehingga menjadi bekal dan wawasan baru,” katanya.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X