id
id

FTUI Eksplorasi Peluang Kolaborasi dengan University of Zagreb, Kroasia

Dalam upaya untuk memperkuat kerjasama internasional, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima delegasi dari University of Zagreb, Kroasia  (19/10). Pertemuan ini mencakup berbagai topik pembahasan yang mengeksplorasi berbagai bentuk kerjasama.

Lima poin utama peluang kerjasama dalam diskusi tersebut antara lain kerjasama internasional double degree untuk magister dan doktor, pertukaran pelajar selama 1 semester dengan jumlah 30-50 mahasiswa dibawah MoU, pendidikan internasional melalui jalur magister riset FTUI, serta penyediaan mata kuliah khusus dari University of Zagreb yang disesuaikan dengan bidang yang diambil mahasiswa FTUI. Pembahasan kerjasama pendidikan kemudian lebih berfokus pada teknik transportasi dan lalu lintas.

“Beberapa dosen dan profesor kami memiliki fokus penelitian di bidang transportasi. Kami berharap kunjungan ini akan menjadi awal yang positif dalam membangun kerjasama yang erat antara Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan University of Zagreb, dan kami berharap kolaborasi ini akan memperkuat pemahaman lintas budaya serta membawa inovasi dalam bidang teknik sipil dan transportasi,” ujar Ayomi Dita Rarasati, S.T., M.T., Ph.D., Ketua Departemen Teknik Sipil FTUI.

Prof. Tomislav Josip Mlinarić selaku Wakil Rektor Bidang Inovasi, Transfer Teknologi, dan Kerjasama dengan Sektor Ekonomi University of Zagreb menyampaikan harapannya, “Melalui kerjasama yang akan dijalin, kami harap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang teknik sipil dan transportasi pada kedua institusi. Kedepannya, kolaborasi ini juga dapat membuka pintu bagi mahasiswa dan staf dari kedua universitas untuk mendapatkan pengalaman internasional yang dapat menginisiasi pendidikan yang inovatif di masa depan.”

Pada kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. menyampaikan, “Pertemuan ini merupakan langkah awal dalam memupuk kemitraan pendidikan dan akademik skala internasional, yang nantinya tentu akan memperkaya jaringan global kedua universitas. Diskusi-diskusi yang diselenggarakan dengan universitas-universitas ternama di seluruh dunia ini menjadi bukti semangat FTUI untuk terus memperluas kolaborasi internasional.”

Selain Prof. Tomislav, delegasi Kroasia turut dihadiri oleh H.E. Nebojša Koharović (Duta Besar Kroasia untuk Indonesia), Prof. Dubravko Majetić (Wakil Rektor Bidang Sains, Penelitian, dan Studi Pascasarjana), dan Assoc. Prof. Dario Babić (Wakil Dekan Bidang Sains dan Kerjasama Eksternal, Fakultas Ilmu Transportasi dan Lalu Lintas). Delegasi diterima oleh Ayomi didampingi oleh Andyka Kusuma, S.T., M.Sc., Ph.D. (Sekretaris Departemen Teknik Sipil), dan Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC (Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan).

University of Zagreb merupakan salah satu universitas tertua di Eropa yang masih beroperasi. Dibangun sejak tahun 1669, University of Zagreb memiliki 29 fakultas, 3 akademi seni, dan 1 universitas pusat dengan lebih dari 70 ribu mahasiswa tergabung di dalamnya. Saat ini, University of Zagreb juga telah tergabung dalam kerjasama pendidikan dengan Indonesia melalui program Erasmus dan IISMA.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X