id
id

Fakultas Teknik UI Selenggarakan Angkat Sumpah Profesi Perdana untuk 82 Insinyur

Pada Jum’at (03/10), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Angkat Sumpah Profesi Insinyur. Sebanyak 82 insinyur lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) angkatan 2018 hingga angkatan 2022 hadir dalam pengangkatan sumpah profesi insinyur yang bertempat di Auditorium MRPQ FTUI.

“PS-PPI FTUI telah meluluskan sebanyak 158 insinyur profesional dari berbagai bidang keinsinyuran sejak diresmikan pada tahun 2018. Pada hari ini, 82 dari 158 lulusan insinyur hadir bersama saya dalam rangkaian acara angkat sumpah profesi. Dari terselenggaranya acara ini, mari menjadi insinyur profesional yang dapat memberikan nilai kemanfaatan yang unggul dan berdampak di seluruh penjuru negeri ini untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan FTUI dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Ir. Bambang Goeritno, M.Sc., MPA., IPU., Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat menyampaikan bahwa dengan adanya PS-PPI, diharapkan standar kompetensi insinyur di Indonesia dapat menjawab kebutuhan dan tantangan global serta melahirkan insinyur yang memiliki kompetensi dan dapat bersaing dengan insinyur dari negara lain di dunia.

Acara dilanjutkan dengan seremoni penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) PS-PPI FUI dengan PII. Kemudian Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA. selaku Kepala Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan dan Kepala Graduate Program Interdisiplin FTUI, membacakan laporan kelulusan PS-PPI FTUI. Dari dua program yang disediakan PS-PPI FTUI, sebanyak 129 insinyur lulus melalui jalur regular dan 29 orang lulus melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Lebih lanjut, Prof. Widodo menyampaikan dari 82 peserta yang hadir, 13 orang berhasil lulus dengan status Summa Cumlaude, 62 orang lulus dengan status Cumlaude, 6 orang lulus dengan status Sangat Memuaskan, dan 1 orang dengan status memuaskan.

Prosesi pengalungan medali dan helm proyek dilakukan secara simbolis kepada dua perwakilan lulusan PS-PPI, yaitu Ir. Erlinda Muslim, MEE, IPU dan Ir. Bambang Niryono, S.T., M.T., IPM. Pengalungan medali diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI serta Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum FTUI. Sementara pemakaian helm proyek dilakukan oleh Ir. Bambang Goeritno Soekamto dan Bapak Ir. Muhammad Erpandi Dalimunthe, S.T., M.T., MKKK., IPM, selaku Ketua PII Wilayah Jawa Barat.

Setelah prosesi pengalungan medali dan helm proyek selesai dilaksanakan, peserta secara serentak membacakan sumpah insinyur dibawah arahan Ir. Bambang Goeritno Soekamto. Acara diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta Angkat Sumpah Profesi Insinyur Angkatan 2018 hingga 2022.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X