id
id

Persiapkan Mahasiswa Jalani Perkuliahan di Luar Negeri, FTUI Selenggarakan Info Session Untuk Mahasiswa Kelas Internasional

Pada tanggal 17 Maret 2023, International Office fakultas Teknik Universitas Indonesia (IO-FTUI) mengadakan acara Information Session-Student Exchange, Study Abroad, dan Double Degree Program. Pada acara yang diselenggarakan di Gedung K FTUI, diberikan berbagai  informasi peluang program perkuliahan di Universitas mitra asing bagi mahasiswa Fakultas Teknik UI.

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan ,Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. mengatakan “Kami dari pihak FTUI, akan berusaha untuk terus berkolaborasi, memperbaiki sistem yang ada terutama untuk double degree, kami ketahui bahwa kaidah akademik dan sistem di UI dan di Universita mitra berbeda. Dan kami berusaha keras untuk mempertahankan Kerjasama dengan Universitas mitra. Jadi saya berharap adik-adik mahasiswa bisa belajar dengan sungguh-sungguh dan menjaga nama baik FTUI selama study aboard di Universitas mitra.”

Dalam  Pemaparan tentang Peluang dan Skema Program Student Exchange dan Double Degree, Kepala Unit Modenisasi dan Internasionalisasi Pendidikan / IO-FT, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng menyatakan “Perlu di garis bawahi kelas internasional adalah kelas yang bukan alternative choice tetapi preference choice, jadi kalau ada calon mahasiswa yang ingin masuk kelas internasional karena memang atas dasar keinginan dia. Saat ini mahasiswa-mahasiswa program kelas internasional memiliki kualitas dan kualifikasi yang sama baiknya dengan rekannya dari program sarjana regular maupun paralel.”

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU berpesan, “Saat ini FTUI secara massif terus melakukan upaya untuk memperkuat internasionalisasi. Kedepannya kami ingin memperbanyak dan memperluas kerjasama program degree dengan universitas-universitas ternama di seluruh dunia. Saat ini FTUI juga telah menjalin kerja sama dengan UC Berkeley di Amerika dan terus membuka jaringan kerja sama dengan universitas ternama lainnya.”

Sesi yang paling menarik pada acara ini, terdapat Sharing session dan tanya jawab terkait prosedur pendaftaran program fee-paying study abroad oleh mahasiswa FTUI yaitu: Aliya Putri Maghfira, mahasiswa Departemen Teknik Industri 2017, study abroad di University of Bologna, Italia, Sintha Rafakarima, mahasiswa Departemen Teknik Mesin 2019, study abroad di Hanyang University, Korea Selatan, dan Syifa Khaista Khairunnisa, mahasiswa Departemen Teknik Kimia 2019, study abroad di Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia.

Selain itu, juga terdapat pembahasan “Study in UDE” oleh Ms. Dita Adhitia, dilanjutkan pemaparan terkait “Study in Australia” oleh Ms. Merry Kumiati Nathanie, dan diakhiri dengan pembahasan “Study abroad program” oleh Universitas mitra FTUI, yaitu Monash University dan Queensland University of Technology (QUT).

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X