id
id

Kembali Diselenggarakan Secara Luring, UI Open Days 2023 Dihadiri Lebih Dari 13 Ribu Peserta

Pada pertengahan tahun 2023, Universitas Indonesia (UI) kembali mengadakan UI Open Days secara luring untuk seluruh jenjang program pendidikan yang ada di UI. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-28 Mei 2023 bertempat di Balairung untuk open booth fakultas dan di Balai Sidang Kampus UI Depok untuk program internasional. UI Open Days dilaksanakan dengan tujuan memberikan informasi secara lengkap dan akurat kepada calon mahasiswa serta masyarakat umum mengenai program-program yang ditawarkan oleh UI, seperti pengenalan fasilitas, program studi, kegiatan mahasiswa, dan teknis penerimaan mahasiswa baru di UI.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa acara ini merupakan kesempatan bagi siswa/i SMA/sederajat, orang tua, dan para guru untuk menggali informasi tentang UI sedalam-dalamnya. “Khusus kepada para guru, para kepala sekolah, kami ucapkan terima kasih telah memberi perhatian pada kegiatan ini dan telah mendampingi putra/i Bapak/Ibu sekalian di waktu yang signifikan untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang.”

“Dengan hadirnya FTUI pada rangkaian UI Open Days 2023, diharapkan dapat menjadi kesempatan dan wadah informasi bagi calon mahasiswa dan masyarakat umum yang tertarik dengan program pendidikan di FTUI. Terlebih di tahun ini terjadi beberapa perubahan pada jalur-jalur masuk yang berpotensi tersebarnya informasi yang simpang siur,” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU pada kesempatan terpisah.

Rangkaian kegiatan UI Open Days 2023 meliputi presentasi dan sesi tanya jawab dengan narasumber, serta konsultasi mengenai pemilihan jurusan dan karir di masa depan. Kegiatan ini turut menyediakan sesi campus tour menggunakan bis kuning (bikun) yang memungkinkan para peserta untuk mengelilingi kampus UI. Selain itu, juga tersedia booth-booth yang melibatkan 1 program pendidikan vokasi, 2 sekolah interdisiplin, dan 14 fakultas termasuk Fakultas Teknik UI (FTUI) di dalamnya.

Sesi presentasi FTUI yang berlangsung pada hari minggu dipaparkan oleh Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. selaku Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum FTUI dan sesi program internasional FTUI dibawakan oleh Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D., DIC selaku Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI. Antusiasme peserta terhadap informasi program yang ditawarkan FTUI terlihat dari penuhnya bangku peserta saat sesi presentasi berlangsung.

Dalam presentasinya, Tikka menyampaikan, “Semua jurusan di Fakultas Teknik UI saling berhubungan dan semua yang kita lakukan di FTUI kedepannya adalah untuk masyarakat luas dan Indonesia. Berdasarkan data tahun 2022-2023, mahasiswa FTUI berhasil menoreh lebih dari 200 prestasi baik dalam skala nasional maupun internasional. Mahasiswa FTUI selain unggul secara akademik juga kami dorong untuk dapat berkontribusi secara aktif ke luar dengan menerapkan ilmu yang telah di dapatkan di kampus.”

Peserta yang hadir pada UI Open Days 2023 mencapai lebih dari 13.600 peserta yang tidak hanya berasal dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, namun juga dari luar pulau Jawa seperti kota Medan. Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru serta materi pemaparan presentasi program pendidikan pada UI Open Days 2023 dapat dikses pada laman ui.id/penerimaan.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X