id
id

Angkat Produk Dari 32 Provinsi Di Indonesia, DTK FTUI Selenggarakan Pameran Produk Mahasiswa

Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTK FTUI) menyelenggarakan Chemical Product Design Expo 2023 bertajuk Exploring Indonesia’s Diverse Commodities Potentials for the UMKM Development. Kegiatan ini merupakan pameran produk hasil rancangan mahasiswa program studi Teknik Kimia dan Teknik Bioproses yang bertempat di Lobby Gedung K, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia pada (13/06/2023) lalu.

Pameran ini merupakan bentuk Ujian Akhir Semester (UAS) dari mata kuliah Perancangan Produk yang wajib diambil oleh mahasiswa di Semester 6 DTK FTUI. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam memperkenalkan produk yang telah mereka rancang. 32 produk khas 32 Provinsi di Indonesia hasil rancangan mahasiswa dari kedua program studi tersebut ditampilkan pada pameran kali ini.

Kegiatan pameran dibuka oleh Koordinator Tim Dosen Mata Kuliah Perancangan Produk, Prof. Dr.-Ing., Misri Gozan, M.Tech., IPM. Turut dihadiri oleh beberapa Dosen pengampu dari mata kuliah ini, yaitu Dr.rer.nat Ir. Yusman Muharam, M.T., Prof. Ir. Dewi Tristantini, M.T., Ph.D., Rahma Muthia, S.T., M.Sc., Ph.D., Dr. Ibnu Maulana Hidayatullah, S.T., M.T., dan Dr. Tania Surya Utami, S.T., M.T. Selain para dosen pengampu, pameran produk rancangan mahasiswa ini juga dihadiri oleh para praktisi dari berbagai sektor industri yang sebagian besar merupakan para alumni DTK FTUI dan bertindak sebagai penguji.

“Pameran kali ini adalah mata kuliah perancangan produk angkatan 2020. Satu grup merancang satu produk khas dari 32 daerah, artinya ada 32 provinsi. Ini adalah mata kuliah yang paling dinanti oleh mahasiswa karena mereka merancang produk mulai dari kebutuhan pasar, marketing, konsep produk, formulasi, proses produksi hingga analisis ekonomi. Mereka diuji oleh 16 penguji yang sebagian besar berasal dari alumni DTK FTUI. Alumni merasa gembira karena sudah banyak peningkatan kualitas dari produk yang dirancang. Harapan ke depannya mahasiswa berani merancang produk dan melahirkan usaha-usaha baru di Indonesia yang berbasis UMKM dan berbasis kekhasan daerah, serta tentunya dapat bermanfaat,” tutur Prof. Misri Gozan.

Pameran produk ini berlangsung berlangsung dengan meriah. Penguji dan pengunjung terlihat ingin mengetahui lebih jauh terkait produk yang ditampilkan di setiap stand kelompok. Di akhir kegiatan, diadakan evaluasi kegiatan ini bersama para dosen dan praktisi industri.

“Adanya pameran produk hasil karya para mahasiswa ini, diharapkan mampu mendorong mahasiwa untuk menerapkan ilmu rancang produk yang telah mereka dapatkan dan diharapkan dapat direalisasikan dalam dunia industri. Kegiatan ini juga menjadi bentuk realisasi dari salah satu program strategi kepemimpinan saya, yaitu pengembangan entrepreneurship bagi mahasiswa (Engineering Student Entrepreneur Program).” kata Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

 

***

Biro Komunikasi Publik

Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X