id
id

Program Kelas Internasional Teknik Perkapalan FTUI Lebarkan Kerja Sama Dengan Tambah Mitra dari University of Tasmania

Australian Maritime College (AMC), University of Tasmania Australia melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dalam rangka menjalin kerja sama di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari masing-masing pihak. Kunjungan ini dilakukan pada Selasa (20/06/23) lalu, bertempat di Ruang Dewan Guru Besar, Gedung Dekanat Lantai 2 FTUI.

Pihak dari AMC, University of Tasmania Australia diwakili oleh Rear Admiral (Retd) Michael Van Balen, The Outgoing Principal of AMC, Commodore (Retd) Mal Wise, The Incoming Principal of AMC, Mr. Dean Cook, CEO, AMC Search, dan Mr Peter Craven, Director, AIBC. Rombongan AMC, University of Tasmania Australia disambut oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, M.Eng., IPU.,

Prof. Heri Hermansyah dalam sambutannya menyampaikan, “FTUI memiliki Program Kelas Internasional dengan skema 2+2, yaitu 2 tahun berkuliah di FTUI dan 2 tahun berkuliah di universitas mitra asing. Program Studi Teknik Perkapalan menjadi salah satu dari dua Program Studi Kelas Internasional yang dibuka tahun ini untuk Mahasiswa Baru UI Tahun Akademik 2023/2024. Program ini tentunya memerlukan perluasan kerja sama bersama mitra di universitas luar. Untuk itu, Program Studi Teknik Perkapalan membuka kesempatan kepada universitas asing untuk menjalin kolaborasi bersama. AMC University of Tasmania Australia merupakan salah satu mitra potensial yang dapat berkolaborasi bersama kami.”

Rear Admiral (Retd) Michael Van Balen, The Outgoing Principal of AMC merespon dengan menyampaikan, “University of Tasmania sebagai salah satu dari dua universitas di Australia yang memiliki program internasional di bidang Teknik Perkapalan. Terdapat dua skema program, yaitu 4 dan 5 tahun program. Saat ini, kami memiliki program 2+2 dengan RMIT, Flinders, UNSW, dan Auckland Uni. Skema yang dapat diprospek, yaitu 2+2 program. Untuk Program Studi Teknik Perkapalan, pada tahun pertama kurikulum memfokuskan pada aerodinamika dan marine construction, kemudian tahun selanjutnya pada naval system engineering.” jelasnya.

Dari diskusi tersebut, dihasilkan satu kesepakatan bahwa AMC, University of Tasmania berkenan untuk menjalin kolaborasi bersama dan menjadi mitra FTUI, khususnya dalam hal Program Internasional bagi Progam Studi Teknik Perkapalan. Ada pun tahap kolaborasi ini akan memasuki tahap awal dengan pembuatan MOU untuk dapat melanjutkan ke AOI Double Degree.

Kepala Unit Modirpen FTUI, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, menyampaikan, “Melalui kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sivitas akademika FTUI agar menjadi lulusan yang dampaknya dapat tersebar secara luas karena berhasil mengeyam pendidikan dari dua budaya yang berbeda. Dari adanya program ini juga menjadi bentuk keberlanjutan pendidikan di FTUI dengan adanya modernisasi pendidikan keteknikan yang dampak memberikan dampak yang solutif dan adaptif bagi UI dan Indonesia.”

Turut hadir pada acara kunjungan ini, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Kepala Unit Modirpen, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Sekretaris Unit Modirpen, Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D. DIC., dengan didampingi beberapa manajemen FTUI lainnya, Manajer Pendidikan, Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., serta perwakilan dari Departemen Teknik Mesin, Ketua Program Studi Teknik Perkapalan, Dr. Eng. Muhammad Arif Budiyantoz S.T., M.T.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X