id
id

Doktor FTUI Kembangkan Kerangka Akurat untuk Deteksi Kelelahan Berkendara Bagi Pengemudi

Program Studi Doktor Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluluskan Doktor Junartho Halomoan sebagai doktor ke 514 FTUI pada Senin (17/07). Junartho mempresentasikan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Kerangka Deteksi Kelelahan Berkendara dengan Metode Resampling With Overlapping Window Dikombinasikan Heart Rate Variability Analysis, Feature Selection, dan Ensemble Learning”.

Junartho Halomoan dalam disertasinya mengembangkan sebuah kerangka deteksi kelelahan berkendara. Riset ini dilatarbelakangi data WHO yang menyebutkan bahwa angka kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas sudah mencapai 1,3 juta jiwa. Faktor kesalahan manusia yang paling banyak menyebabkan kecelakaan lalu lintas adalah kelelahan saat berkendara. Oleh karena itu, diperlukan deteksi kelelahan yang akurat bagi pengemudi.

“Keakuratan deteksi kelelahan berkendara bergantung pada keakuratan dataset. Dataset kelelahan berkaitan dengan skenario induksi kelelahan dan durasi simulasi berkendara. Penelitian ini memerlukan metode penentuan kebenaran dasar dengan analisis statistik diperlukan untuk menganalisis kondisi kelelahan pengemudi pada periode tertentu dan mengestimasi durasi berkendara yang dapat mengetahui tingkat kelelahan,” tutur Junartho.

Ia kembali menambahkan, “Beberapa kontribusi yang diberikan dalam riset ini, yaitu diusulkannya metode penentuan kebenaran dasar kondisi kelelahan pengemudi dengan analisis statistik, kerangka deteksi berkendara dengan pengukuran EKG sebanyak 2 elektroda dan konfigurasi perekaman EKG modified lead-I, metode resampling with overlapping window, dan kerangka deteksi kelelahan berkendara dengan pengukuran EKG sebanyak 2 elektroda dan konfigurasi perekaman EKG modified lead-1, metode resampling with overlapping window.”

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU mengungkapkan, “Berbeda dengan riset-riset yang telah dilakukan untuk mendeteksi kelelahan berkendara pengemudi, riset yang dilakukan oleh Junartho Halomoan ini sangat menarik karena berhasil mengembangkan pada segi pra pengolahan data, yaitu resampling with overlapping window, yaitu metode yangi bisa meningkatkan kinerja klasifikasi.”

Junartho Halomoan dinyatakan lulus dengan yudisium kelulusan “Sangat Memuaskan”. Serta menjadi Doktor ke-162 Departemen Teknik Elektro FTUI yang lulus di tahun 2023 ini. Sidang dilaksanakan secara luring bertempat di Smart Meeting Room, Gedung Dekanat FTUI.

Sidang promosi doktor dipimpin oleh Ketua Sidang, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan. Dengan promotor, Prof. Dr.-Ing., Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng., Guru Besar Departemen Teknik Elektro FTUI, dan Dr. Ir. Dodi Sudiana, M.Eng., Dosen Tetap Departemen Teknik Elektro FTUI, serta Ketua Penguji, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., IPU , dan beberapa dewan penguji, Prof. Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng., Dr. Ir. Muhammad Salman, M.IT., Dr. Prima Dewi Purnamasari, S.T., M.Sc., Dr. Eng. Mia Rizkinia, S.T., M.T., dan Prof. Ts. Dr. Teddy Surya Gunawan.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Hery Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., memberikan apresiasinya kepada Doktor ke-514 yang telah lulus dari FTUI ini, ” Capaian kembali diraih oleh mahasiswa dari Program Doktoral Teknik Elektro FTUI, riset yang unggul dan sangat menarik karena mengangkat apa yang sering terjadi di masyarakat adalah riset berdampak yang bisa memberikan manfaat bagi bidang keselamatan berkendara, dengan dikembangkannya kerangka deteksi berkendala menggunakan metode-metode yang andal dan bisa diimplementasikan ke depannya untuk dapat mendeteksi kelelahan pengemudi.” ungkapnya.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X