id
id

FTUI–PT Sucofindo Kolaborasi Tingkatkan Kualitas SDM Teknik Unggul

Jalinan kolaborasi pendidikan Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) terus diperluas. Kali ini, FTUI berkolaborasi dengan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo). Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Sucofindo, J. Nanang Marjianto. Penandatanganan tersebut dilakukan pada Senin (17/7) lalu, bertepatan dengan Dies Natalis ke-59 FTUI.

Prof. Heri mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan memperkuat koneksi antara dunia industri dan akademik. “Saya yakin perjanjian kerja sama pendidikan ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kedua belah pihak. Ini adalah langkah maju dalam memperkuat kualitas pendidikan, meningkatkan kompetensi pegawai Sucofindo, dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara FTUI dan Sucofindo,” ujar Prof. Heri.

Sejalan dengan misi FTUI untuk menciptakan lulusan keteknikan yang berintelektualitas tinggi dan mampu bersaing secara global, melalui kerja sama ini, pegawai PT Sucofindo berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister di FTUI. Sebagai awalan kerja sama, dua pegawai PT Sucofindo, yaitu Zia Ru’yadi Hilal dan Bayu Sukma, akan memperoleh beasiswa pendidikan Pascasarjana di FTUI dengan pembiayaan penuh dari PT Sucofindo. Keduanya terdaftar sebagai mahasiswa S2 Teknik Lingkungan, Departemen Teknik Sipil, FTUI.

Terkait hal tersebut, J. Nanang Marjianto mengatakan, “Ini adalah kesempatan yang berharga bagi mereka untuk dapat memperluas pengetahuan dan mengembangkan keahlian khusus. Mereka dapat memperdalam pemahaman di bidang yang relevan dengan industri yang mereka geluti.”

Kedepannya, kerja sama ini akan memperkuat konektivitas antara FTUI dan Sucofindo. Hal ini memungkinkan adanya pertukaran pengetahuan dan informasi yang relevan, serta pengembangan kolaborasi penelitian dan proyek bersama di masa depan. Diharapkan kerja sama ini dapat menjadi contoh sukses kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dalam mendukung pengembangan SDM yang berkualitas dan mampu menjawab kebutuhan industri.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X