id
id

ProfCast FTUI Episode 13: Mengenal Lebih Jauh Protocol Engineering

ProfCast FTUI episode 13 kembali menghadirkan tamu spesial. Pada episode kali ini menghadirkan Guru Besar Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTE FTUI),yaitu Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM. MSc. Dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., Prof. Riri membahas lebih lanjut soal penggunaan Internet.

Saat ini, penggunaan internet telah meningkat, berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Membuktikan bahwa internet telah hidup berdampingan dengan masyarakat. Penggunaan internet sangat berkaitan dengan adanya Protocol Engineering.

Menurut Prof. Riri yang juga Guru Besar DTE FTUI ini, Protocol Engineering adalah penerapan metode sistematis untuk pengembangan protokol komunikasi, dengan menggunakan banyak prinsip rekayasa perangkat lunak. “Selain itu, internet pun memiliki 7 lapisan yang berguna untuk memaksimalkan penggunaan internet, khususnya untuk menjelaskan bagaimana komunikasi jaringan komputer dapat dilakukan secara efisien dan interpretabilitas antar sistem yang berbeda. 7 lapisan internet tersebut, yaitu fisik, koneksi data, jaringan, transpor, sesi, presentasi, dan aplikasi.”

Prof. Riri juga menyampaikan bahwa selain adanya 7 lapisan internet, saat ini dikenal istilah blockchain, yaitu mekanisme basis data lanjutan yang memungkinkan berbagi informasi secara transparan dalam jaringan bisnis. Basis data blockchain menyimpan data dalam blok yang dihubungkan bersama dalam sebuah rantai. Data bersifat konsisten secara kronologis karena tidak dapat diubah.

Blockchain menjadi teknologi baru yang inovatif dan biasanya banyak digunakan oleh berbagai industri, seperti pada perusahaan energi yang menggunakan teknologi blockchain untuk menciptakan platform perdagangan energi peer-to-peer, perusahaan keuangan yang menggunakan layanan blockchain untuk untuk mengelola pembayaran, akun, dan perdagangan pasar online, perusahaan media dan hiburan, yang menggunakan sistem blockchain untuk mengelola data hak cipta, dan perusahaan ritel yang menggunakan blockchain untuk melacak pergerakan barang antara pemasok dan pembeli.

Dari kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU memberikan tanggapannya bahwa “Perkembangan internet saat ini sudah semakin meningkat, dibuktikan dengan banyaknya protokol-protokol komunikasi yang bisa memudahkan berbagai aspek kehidupan. Kesiapan diri dalam menghadapi arus melajunya internet ini harus mulai terus ditingkatkan sejak saat ini, karena ke depannya internet pasti akan merajai berbagai aspek kehidupan. FTUI pun berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan mengikuti arus perkembangan zaman, salah satunya dengan modernisasi pendidikan,” ungkapnya.

Untuk lebih lanjut, yuk simak tuntas ProfCast episode 12 selengkapnya di kanal YouTube Fakultas Teknik UI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X