id
id

Dorong Kemajuan Nanoelektronika dan Teknologi Masa Depan, FTUI dan Shizuoka University Gelar Konferensi Internasional ICNERE-FTS IC 2023

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bersama Universitas Shizuoka kembali mengadakan International National Conference on Nano Electronics Research and Education (ICNERE) 2023 yang dilaksanakan 31 Juli-2 Agustus di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. Kolaborasi konferensi internasional antara FTUI dan Shizuoka University ini telah berlangsung sejak tahun 2012, dan tahun ini memasuki edisi yang ke-5. ICNRE 2023 juga diselenggarakan bersama dengan Faraday Turing Schmitt International Conference ke-1 (FTS IC) 2023.

ICNERE-FTS IC 2023 yang diinisiasi oleh Departemen Teknik Elektro FTUI bersama Shizuoka University ini secara konsisten berfungsi sebagai wadah untuk memupuk kolaborasi, bertukar ide terobosan, dan mendorong kemajuan dalam nanoelektronika dan teknologi masa depan. Pada edisi ke-5 ini, terdapat 56 makalah dari peserta asal berbagai negara. 51 makalah akan dipresentasikan dan sisanya disebar ke dalam 4 sesi paralel.

Dalam sambutannya, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., mengatakan bahwa konferensi internasional ini dirancang sebagai forum pertukaran ide antar peneliti dan pelaku industri. Beliau juga mengungkapkan bahwa konferensi bersama ini menyatukan dua konferensi luar biasa dan memperkuat peluang pertukaran pengetahuan dan kolaborasi di antara para peneliti dan pakar industri terkemuka di seluruh dunia.

“Tujuan dari adanya ICNERE-FTS IC 2023 untuk menumbuhkan lingkungan intelektual agar ditemukan penelitian dan ide-ide baru yang mutakhir dan andal. Di konferensi ini juga akan dipelajari bidang teknik kelistrikan yang menarik. Untuk itu, dengan adanya konferensi ini juga kita mendapatkan kesempatan untuk bersama-sama berkontribusi pada kemajuan dan dampak penelitian serta pendidikan nanoelektronika,” kata Prof. Heri.

Ketua Departemen Teknik Elektro FTUI, Dr. Eng. Ir. Arief Udhiarto, S.T., M.T., menyampaikan, “Berkumpulnya kami di sini untuk menjelajahi bidang nanoelektronika, teknik elektro, teknik komputer, dan teknik biomedis. Konferensi ini merupakan bukti keyakinan kami dalam kolaborasi interdisipliner, mengakui bahwa konvergensi berbagai bidang sering menghasilkan penemuan inovatif dan solusi transformatif. Untuk itu, konferensi ini dapat menjadi wadah dalam menjalin relasi baru dan kolaborasi. Selain itu, konferensi ini pun diharapkan dapat menjadi wadah untuk ide-ide transformatif dan inkubator solusi inovatif.”

ICNERE-FTS IC 2023 menampilkan dua pembicara utama yaitu Prof. Eko Tjipto Rahardjo, Guru Besar Departemen Teknik Elektro FTUI dengan pemaparannya mengenai THz Technology: Prospect Towards 6th Generation Communications dan Prof. Kazuhiko Hara, Guru Besar Shizuoka University dengan pemaparannya mengenai Low-pressure CVD of hexagonal BN films for application to DUV light emitters. Beberapa Invited Speakers juga meramaikan konferensi internasional ini antara lain, Dr.-Ing, Azhar Zam dari University of Basel serta Toru Aoki, Jun Kondoh, dan Daniel Moraru dari Shizuoka University.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X