id
id

Institut Emeritus FTUI Gelar Sosialisasi untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045

Pada Jumat (28/7/23), Institut Emeritus Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyelenggarakan sosialisasi bertajuk “Sosialisasi Pokok Pikiran untuk Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”, bertempat di Smart Classroom Gedung GK FTUI. Acara ini dibuka oleh Ketua Institut Emeritus FTUI, Prof. Djoko Hartanto, dan juga dihadiri para Guru Besar Emeritus Universitas Indonesia.

Dalam pembukaannya, Prof. Djoko Hartanto menyampaikan bahwa diskusi ini terutama membahas empat bidang utama dalam menyongsong Indonesia Emas, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan teknologi. Keempat tema ini akan dibahas oleh masing-masing tim yang telah ditentukan sebelumnya.

”Pembahasan dari bidang pendidikan mengenai keutamaan pembinaan karakter di pendidikan PAUD-SD-SMP, bidang kesehatan membahas kesejahteraan bagi ibu hamil yakni upaya lintas sektor penyejahteraan ibu hamil di Indonesia, bidang ekonomi mengenai penguatan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, dan terakhir bidang teknologi yang akan menunjang perkembangan teknologi di masing-masing bidang. Harapannya melalui diskusi kita pada sore hari ini akan menyongsong dan mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045 nanti,” ungkap Prof. Djoko Hartanto.

Adapun ketua tim sosialisasi bidang pendidikan, Dr. Dewi Matindas (FPsi UI), ketua tim sosialisasi bidang kesehatan, Prof. Budi Imam Santoso, ketua tim sosialisasi bidang ekonomi, Prof. Priyono Tjiptoheriyanto, dan ketua tim sosialisasi bidang teknologi, Prof. Bagio Budiardjo.

Salah satu Guru Besar FTUI yang hadir, Prof. Bagio Budiarjo menuturkan, “Menuju Indonesia Emas 2045 memang harus disiapkan dengan sebaik mungkin agar cita-cita ini terealisasikan sepenuhnya untuk Indonesia lebih baik. Melalui kegiatan sosialisasi para Guru Besar UI ini pula lah menjadi jalan untuk mencanangkan hal-hal yang sekiranya bisa menunjang terlaksananya Indonesia Emas 2045. Hal ini juga menjadi bakti para Guru Besar UI untuk Indonesia yang lebih maju melalui kolaborasi berbagai bidang ilmu seperti pendidikan, ekonomi, dan kesehatan yang ditunjang oleh teknologi.”

Dari kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., menyampaikan pertemuan para Guru Besar di lingkungan UI ini menjadi bentuk sinergi kolaborasi antar fakultas di lingkungan Universitas Indonesia untuk memberikan ide dan sumbangsih pemikiran dalam terwujudnya Indonesia Emas 2045.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X