id
id

Prof. Muhammad Suryanegara Raih Penghargaan Dosen UI Berprestasi 2023

Pada momen istimewa kemerdekaan Indonesia, sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berhasil mengukir prestasi pada penghargaan Dosen UI Berprestasi 2023. Guru Besar FTUI dari Departemen Teknik Elektro, Prof. Dr. Muhammad Suryanegara, S.T., M.Sc., IPU berhasil raih Penghargaan Dosen UI Berprestasi pada Rumpun Sains dan Teknologi 2023.

Proses menuju prestasi ini dicapai setelah melalui seleksi yang panjang, mulai dari pemberkasan, evaluasi dokumen, hingga presentasi secara luring dengan asesor. Penghargaan ini kemudian diumumkan bertepatan dengan upacara 17 Agustus 2023 yang diadakan di gedung Rektorat Universitas Indonesia.

Prof. Surya pada acara penyerahan penghargaan menyampaikan, “Saya pribadi sangat berterimakasih kepada Fakultas Teknik karena tercapainya penghargaan Dosen Berprestasi di level UI tidak lain karena ekosistem di FT yang sangat mendukung setiap dosen untuk bisa berprestasi. Seorang dosen bukan saja dinilai dari aspek pendidikan, tapi juga tridharma yang mencakup pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Adanya support system yang sangat baik di lingkungan FT inilah yang membantu dosen-dosen untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai tridharma tersebut.”

Prof. Surya juga menyampaikan bahwa saat ini dirinya sedang menunggu arahan dari UI terkait kompetisi Dosen Berprestasi Tingkat Nasional yang akan diadakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), dimana dirinya akan mewakili UI.

“Saya berharap penghargaan ini dapat menjadi tradisi baik yang dapat menginspirasi rekan-rekan sesama dosen di FTUI. Sehingga di masa mendatang akan menjadi sebuah rutinitas bahwa FT dapat terus mengirimkan wakilnya di tingkat UI untuk bisa menjadi teladan bagi seluruh dosen di Universitas Indonesia,” ujar Prof. Surya.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU mengungkapkan, “Kami sangat bangga dan mengucapkan selamat kepada Prof. Muhammad Suryanegara atas penghargaan Dosen UI Berprestasi 2023. Prestasi ini merupakan hasil dari dedikasi serta kontribusinya yang luar biasa dalam dunia pendidikan dan riset. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika UI dalam terus menghasilkan prestasi dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.”

Penghagaan Dosen UI Berprestasi 2023 merupakan agenda tahunan UI yang diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada para tenaga pendidik yang memiliki dedikasi, inovasi, dan prestasi. Pada klasifikasi Dosen Berpestasi, terdapat tiga kategori pemenang, yaitu Dosen Berprestasi Rumpun Sosial Humaniora (Soshum), Rumpun Sains dan Teknologi (Saintek), dan Rumpun Kesehatan.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X