id
id

CDC FTUI Menjadi Mitra untuk Workshop Pemutakhiran Tracer Study Polifurneka

Career Development Center FTUI (CDC FTUI) memberikan workshop terkait pemutakhiran tracer study kepada dosen dan tenaga kependidikan dari Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu (Polifurneka). Dilaksanakan pada Senin sampai Kamis, 21—24 Agustus 2023, kegiatan ini merupakan salah satu program Skills for Competitiveness (S4C) Polifurneka untuk terus meningkatkan metode tracer study kepada lulusannya. Kegiatan ini juga menjadi bentuk kerja sama sekaligus sharing knowledge antara UI dan Polifurneka.

Dr-Ing. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Kerja Sama, Ventura, dan Alumni FTUI, menambahkan, “Kami melihat kolaborasi ini sebagai peluang emas untuk memperkuat hubungan antara FTUI dan Polifurneka serta memberikan dampak positif bagi alumni kedua institusi. Pembaruan Tracer Study ini akan memberikan wawasan yang lebih baik tentang karier alumni, membantu mereka dalam pengembangan karier, dan meningkatkan hubungan dengan almamater.”

Bapak Yogi Akbar, yang juga menjabat sebagai Plt. Pembantu Direktur 3 pada Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan, dan Hubungan Alumni Polifurneka, menyatakan, “Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak. Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, kami dapat meningkatkan kualitas Tracer Study kami, yang pada gilirannya akan membantu alumni kami meraih kesuksesan di dunia kerja.”

Dalam suasana penuh kolaborasi, para pemateri dan peserta aktif mendiskusikan konsep-konsep terkini dalam pelacakan jejak alumni, berbagi pengalaman, serta merumuskan strategi implementasi yang efektif dalam konteks institusi pendidikan. Selama empat hari, kegiatan ini berlangsung sangat interaktif. Pada kesempatan ini juga, pihak UI menjelaskan dan berbagi pengalaman mekanisme dan juga kuesioner yang digunakan dalam pelaksanaan tracer study. Dengan adanya kegiatan ini, tentunya dapat menambah jejaring kerja sama dan juga ilmu baru atas peningkatan pelaksanaan tracer study ke depannya.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, menyambut baik kerjasama ini, ”Kemitraan ini mencerminkan komitmen bersama antara FTUI dan Polifurneka dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan alumni mereka. Dengan Tracer Study yang diperbarui, diharapkan kedua institusi ini dapat terus memberikan manfaat yang lebih besar bagi alumni mereka.”

Pada kegiatan workshop hadir juga beberapa ahli yang berpengalaman dalam bidang tracer study, di antaranya Dr. Ade Solihat, S.S., M.A. selaku Kasubdit Pendataan Alumni dan Tracer Study UI, Rahmatullah selaku SKM dari Sekretariat CDC-UI, dan Rosmalita, S. Sos., M. Si. selaku Koordinator CDC FTUI.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X