id
id

FTUI Antar Sembilan Mahasiswa Pascasarjana Double Degree ke University of Leeds

Pada Selasa (19/9), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melaksanakan pelepasan mahasiswa S2 double degree Departemen Teknik Sipil FTUI. Para mahasiswa tersebut akan melanjutkan pendidikan ke University of Leeds, Inggris. Program ini merupakan bagian dari kerja sama pendidikan antara FTUI dengan Kementerian Perhubungan RI. Saat ini juga terdapat 10 mahasiswa program kerja sama dari Kementerian Perhubungan RI yang masih menempuh pendidikan di FTUI dan bersiap berangkat di semester depan.

Pada sambutannya, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI menyampaikan, “Kesempatan emas ini tentunya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jadikan kesempatan ini sebagai momentum untuk belajar, membuka jaringan seluas-luasnya, memperkuat karakter, mengasah kepemimpinan, dan keterampilan sebagai bekal dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih maju dan lebih baik. Ambilah ilmu yang berguna sebanyak-banyaknya dan ciptakanlah berbagai karya terbaru untuk menjawab tantangan dunia.”

Budi Riyanto, S.E., M.M., M.,Mar.E. Kepala Bidang Perencanaan, PPSDMAP Kementerian Perhubungan RI, manambahkan dalam sambutannya, “Kami berharap, transportasi menjadi hal yang penting dan diibaratkan seperti urat nadi kehidupan. Pendidikan ini diharapkan menjadi modal memajukan Kementerian Perhubungan RI, bangsa, dan negara. Kami menunggu bakti teman-teman setelah pendidikan ini.”

Ditemui di kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU menyampaikan, “Kami dengan bangga melepas sembilan mahasiswa S2 program double degree Departemen Teknik Sipil FTUI yang telah dipilih untuk melanjutkan pendidikan mereka ke Leeds University. Ini adalah langkah berani dalam mengejar peningkatan ilmu dan pengalaman internasional, dan kami yakin mereka akan menjadi duta kebanggaan FTUI di tingkat global. Semoga mereka terus menginspirasi dengan prestasi mereka di masa depan.”

Sekretaris Departemen Teknik Sipil, Andyka Kusuma, S.T., M.S.c., Ph.D. berpesan kepada para mahasiswa bahwa ini adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan. Para mahasiswa diharapkan menjaga komunikasi terkait administrasi, topik penelitian, dan segala hal yang dihadapi di Inggris. Beliau juga menambahkan komunikasi yang baik dapat memudahkan mahasiswa untuk mengatasi masalah dan tantangan nantinya.

Kepala Bidang Pendidikan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI memberikan pesan kepada mahasiswa yang sekaligus pegawai adalah penerus di Kementerian Perhubungan RI. Beliau menginginkan di era industry 4.0, para mahasiswa dapat mengatasi isu digitalisasi dan otomatisasi. Ada tiga pesan penting yang beliau titipkan kepada mahasiswa. Pertama, memanfaatkan kesempatan berharaga, belajar di Inggris dan menjadik bagian dari perubahan untu transportasi negara. Kedua, fokuslah pada satu bidang. Kuasai bidang tersebut dan jadilah ahlinya. Terakhir, beliau berharap agar para mahasiswa dapat menjaga nama baik alamameter, Kementeriaan Perhubungan RI, dan Indonesia.

Pada penghujung acara, Prof. Yanuar menyerahkan LoA secara simbolik kepada Mahasiswa double degree S2 Teknik Sipil yang diwakili oleh Bria Nararya Nugraha. Turut hadir dalam acara ini, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, MSc., Ph.D., Manajer Kerja Sama, Ventura dan Alumni Dr. Ing. Ir. Dalhar Susanto, Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Fadhilah Muslim, S.T., M.S.c., Ph.SD., DIC., Manajer Pendidikan, Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum, Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR.

Kami ucapkan selamat dan sukses kepada sembilan mahasiswa double degree dan satu mahasiswa single degree yang akan menuntut ilmu ke University of Leeds dan FTUI. Mereka antara lain Sekar Warangi Nurcahyati, Sekar Warangi Nurcahyati, Brian Nararya Nugraha, Tina Afrianti, Dea Merta Moriska, Hendra Nugraha, Muhammad Riharizky Ananda, Indah Imayanti, Ardita Puspa Maulida, dan Irfan Harja Kusuma.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

 

X