id
id

Tim DIKTI Nilai Pelaksanaan Zona Integritas di Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Tahun 2023 ini, untuk pertama kalinya Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menjadi salah satu dari lima fakultas terbaik dalam penilaian sementara UI Zona Integritas Award 2023. Setelah dilakukan penilaian internal oleh Biro TREM UI, FTUI lanjut ke tahap penilaian berikutnya yaitu wawancara penilaian Zona Integritas bersama dengan tim juri dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (DIKTI).

Terdapat dua tahapan penilaian yang dilaksanakan. Pertama adalah wawancara secara daring dari tim juri DIKTI yang dilaksanakan Senin (04/09) dan visitasi langsung oleh tim juri yang dilaksanakan pada Senin (11/09). Pada wawancara daring, kegiatan dihadiri oleh Dekan FT UI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU; Wakil Dekan 1, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc.; Wakil Dekan 2, Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D.; Agen Perubahan, Tim Zona Integritas, dan 6 Koordinator Pengungkit FTUI.

Wawancara dibuka dengan sambutan dari Pimpinan Biro TREM UI, Vishnu Juwono, S.E., M.I.A., Ph.D., yang menekankan pentingnya integritas dalam dunia pendidikan tinggi. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemutaran video Zona Integritas FT UI yang dijelaskan oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. Pada sesi tanya jawab, terdapat 4 pertanyaan yang diajukan oleh juri, salah satunya yaitu mengenai strategi Dekan FTUI dalam memastikan kepatuhan mengisi LHKPN/LHKASN, gratifikasi, dan kepatuhan lainnya.

Terkait gratifikasi dan kecurangan, Prof. Heri menjelaskan, “Meskipun FTUI belum ada pelaporan terkait kecurangan, tapi sistem terkait pelaporan sudah tersedia. Pencegahan gratifikasi selalu ditekankan terutama terkait pengadaan dan lelang. Begitu pula dengan doktrinasi bahwa FTUI bebas dari KKN. Selama setahun terakhir, FTUI telah membentuk kebiasaan dan membangun awareness seperti adanya pelatihan yang diadopsi dari 7 habit yang mana sudah diimplementasikan baik dari dekan, wakil dekan, manajer, maupun karyawan.”

Pada tahapan penilaian visitasi secara langsung, tim juri DIKTI mengunjungi lokasi-lokasi unggulan pengimplementasian Zona Integritas di lingkungan FTUI. Terlaksananya kegiatan wawancara dan visitasi ini merupakan salah satu bentuk kontribusi FTUI sebagai pelopor dalam menciptakan lingkungan akademik yang bersih dan berintegritas.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X