id
id

Semangat Modernisasi dan Internasionalisasi: Dekan FTUI Berbagi Keberhasilan di FT UNS

Semangat modernisasi dan internasionalisasi pendidikan yang ditekankan sebagai program unggulan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) memperlihatkan dampak positifnya dan menginspirasi fakultas teknik di seluruh Indonesia. Salah satu bukti semangat ini adalah kerjasama yang terjalin dengan Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (FT UNS). Dalam rangka mengapresiasi dan membagikan keberhasilan, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., diundang dalam kegiatan Lokakarya Benchmarking Pengembangan FT UNS, yang berlangsung pada Senin (18/09) di Hotel Griya Persada Bendungan, Semarang.

Dalam lawatannya ke FT UNS ini, Prof. Heri memberikan pengalamannya dalam mengelola FTUI sehingga saat ini meraih predikat Kampus Teknik Terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan THE World University Ranking 2023. Salah satu topik yang sangat ditonjolkan oleh Prof. Heri adalah Program Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan.

“Perjalanan kami dalam mengelola FTUI sebagai institusi pendidikan keteknikan di Indonesia memang tidaklah mudah. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan semangat seluruh sivitas akademika dalam melakukan inovasi terus menerus dalam meningkatkan entrepreneurship keteknikan, kualitas riset inovasi, pengabdian, dan pelayanan masyarakat, serta modernisasi dan internasionalisasi pendidikan keteknikan yang unggul dan berdampak tinggi,” ujar Prof. Heri.

Prof. Heri menambahkan, “Semangat berinovasi tersebut telah menghantarkan FTUI meraih gelar Kampus Teknik Terbaik di Indonesia versi THE Worlds University Rankings dan Scimago University Rankings. Pengakuan ini menjadi bentuk validasi atas kerja keras kami dalam mewujudkan FTUI Unggul Berdampak.”

Dalam pembahasan lebih lanjut, Prof. Heri Hermansyah membicarakan pencapaian FTUI dalam menerapkan modernisasi dan internasionalisasi pendidikan. FTUI terus berinvestasi dalam pendidikan digital dengan menyediakan fasilitas layanan pendidikan modern seperti smart classroom. Selain itu, pembukaan Kantor Internasional FTUI juga menjadi langkah penting untuk meningkatkan jalinan kemitraan dengan universitas asing bergengsi di seluruh dunia, dengan tujuan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global dan siap menghadapi tantangan masa depan.

“Program-program unggulan yang kami jalankan bertujuan untuk memberikan dampak nyata dan unggul dalam kehidupan masyarakat. Tentunya, visi untuk menjadi institusi pendidikan teknik terbaik harus didukung oleh peran aktif seluruh sivitas akademika, baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, maupun para alumni. Mereka semua memiliki peran penting dalam mencapai prestasi unggul dan membawa FTUI menuju tempat tertinggi sebagai institusi pendidikan teknik terbaik,” tambah Prof. Heri Hermansyah.

Semangat modernisasi dan internasionalisasi pendidikan yang diperlihatkan oleh FTUI dan FT UNS adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antar-universitas dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia dan mendorong mahasiswa serta akademisi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X