id
id

PT Jaya Obayashi Berikan Kesempatan Bekerja di Jepang Bagi Mahasiswa FTUI

Pada Jumat (15/9) lalu, PT Jaya Obayashi menggelar mini workshop bertajuk “Unleash Your Potential and Grow with Us”. Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Engineering Entrepreneurship Career and Internship Fair (ECIF), job fair terbesar di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI). Kegiatan yang dilaksanakan di Smart Meeting Room, Gedung Dekanat dihadiri oleh 61 orang peserta.

Dalam pembukaan acara, Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR., Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum FTUI mengatakan “Acara ini akan menjadi platform penting bagi kita semua, terutama bagi mahasiswa atau alumni yang bercita-cita untuk membangun karier di Jepang. PT Jaya Obayashi akan memberikan pemaparan yang berharga mengenai berbagai informasi terkait beasiswa, proses rekrutmen, dan berbagi pengalaman dari para profesional yang telah sukses dalam karier mereka. Ini adalah peluang emas bagi para mahasiswa dan alumni FTUI untuk menjalani proses pengambilan keputusan yang lebih baik dalam menentukan arah karier. Khususnya untuk posisi engineer, Jepang saat ini merupakan salah satu tempat yang sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang ini.”

Rina Ambarwari, HRGA Manager PT Jaya Obayashi menjelaskan bahwa perusahaan ini merupakan perusahaa yang bergerak di bidang konstruksi dengaln lingkup desain, estimasi, engineering, shop drawing, SQE, dan MEP. PT Jaya Obayashi merupakan gabungan dari dua perusahaan Jepang dan Indonesia, Obayashi Corporation dan PT Pembangun Jaya. Kedua Perusahaan tersebut bersatu pada 28 Januari 1972. Hingga tahun 2023, PT Jaya Obayashi memiliki kapital seniali 207 juta miliar yen.

Rina Ambarwari menambahkan, “saat ini kami memiliki empat program rekrutmen, yaitu rekrutmen melalui portal job online, campus hiring, scholarship, dan rekrutmen khusus untuk penempatan di Jepang. Kegiatan campus hiring telah kami laksanakan di beberapa universitas di Indonesia, termasuk Universitas Indonesia.”

Hardi Tekyawan, Direktur PT Jaya Obayashi melanjutkan penjelasan, “kami menawarkan beasiswa kepada para mahasiswa dengan persyaratan minimal semester 5, tidak sedang mendapatkan beasiswa dari tempat lain, mahasiswa berasal dari departemen Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Tekni Elektro. Selain itu, kami akan memberikan Rp2.000.000 setiap bulan kepada penerima beasiswa dan yang terpenting, setelah lulus para mahasiswa langsung bekerja di Jaya Obayashi. Registrasi dimulai 1 April—31 Oktober 2023”

“PT Jaya Obayashi memiliki skema bagi para pegawainya untuk bekerja di Jepang dengan dua tahun mengikuti kusrsus Bahasa Jepang dan tiga tahun bekerja di Obayashi Corporation, Jepang, lalu selanjutnya Kembali ke Indonesia untuk bekerja di posisi manajerial di PT Jaya Obayashi.” kata Toshiya Mitsui, Advisor of PT Jaya Obayashi.

Di tempat terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermasnyah, S.T., M.Eng., IPU. menyampaikan, ”Kegiatan ini mencerminkan komitmen FTUI dalam menghadirkan berbagai peluang dan persiapan yang komprehensif bagi mahasiswa kami. Workshop seperti ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan wawasan yang berharga, berinteraksi dengan praktisi industri, dan mengeksplorasi peluang karier yang tersedia. Dengan kerja sama antara perguruan tinggi dan industri seperti ini, kami yakin bahwa para mahasiswa FTUI akan semakin siap menghadapi dunia kerja yang kompetitif dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri dan negara.”

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X