id
id

FTUI Meningkatkan Inisiatif Internasional dalam Kolaborasi dengan KTH Royal Institute of Technology

Senin, (16/10), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima kunjungan dari KTH Royal Institute of Technology bertempat di Ruang Rapat, Gedung Dekanat FTUI.

“Kami menyambut baik kedatangan KTH Royal Institute of Technology untuk bisa berkolaborasi bersama kami dalam hal ini yang berkaitan khusus dengan Departemen Teknik Sipil dan Teknik LingkunganKami harap Kerjasama ini dapat menghasilkan kerjasama yang baik untuk memberikan dampak positif bagi masing-masing pihak,” ujar Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., selaku Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI.

Kedepannya FTUI sedang merencanakan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa program internasional. Untuk itu, FTUI mendukung program studi yang belum memiliki program internasional untuk segera membuka program internasional serta mencari mitra potensial. Dengan adanya kunjungan ini, Departemen Teknik Sipil tertarik untuk menjajaki kerjasama dengan KTH Royal Institute of Technology dalam program internasional sarjana untuk Teknik Lingkungan dan Magister untuk Teknik Transportasi atau Project Management.

Perwakilan pihak dari KTH Royal Institute of Technology, Prof. Bjorn Berggren, menyampaikan, “Kami sangat tertarik untuk berkolaborasi bersama dengan FTUI. Kami memiliki program untuk mengirimkan dosen kami untuk mengikuti program staff mobility dan memberikan kuliah tamu ke universitas mitra. Dan kami berharap tahun depan dapat menjalankan program Kerjasama ini dengan FTUI.”

Dari kunjungan ini menghasilkan prospek kolaborasi bagi kedua belah pihak, yakni dalam menjalankan program:

  1. Student exchange (menyusun draft AOI dan mengirimkan ke KTH)
  2. Dual degree master program (1+1) dengan LPDP Funding
  3. Staff mobility program

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU menyampaikan, ” Kolaborasi ini adalah langkah yang sangat penting bagi FTUI dalam menghadirkan pendidikan yang lebih berkualitas dan relevan di tingkat global. Ini adalah kesempatan untuk belajar dari para ahli internasional, berbagi pengetahuan, dan menciptakan terobosan bersama. Bersama-sama, kita akan membawa FTUI dan KTH ke tingkat yang lebih tinggi dalam dunia pendidikan dan riset.”

KTH Royal Institute of Technology diwakili oleh Prof. Bjorn Berggren, dan Dr. Jiechen Wu. Dan disambut oleh Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC., Ketua Departemen Teknik Sipil, Ayomi Dita Rarasati, S.T., M.T., Ph.D., Sekretaris Departemen Teknik Sipil, Andyka Kusuma, S.T., M.Sc., Ph.D., Sekretaris Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Dr. Cindy Rianti Priadi, ST., MSc., Koordinator Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Siti Nurandini Winduningtyas, S.IP., M.Si., Pendidikan Internasional EESP, Nopa Dwi Maulidiany.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X