id
id

Lanjutkan Tradisi, Osaka Gas Foundation Kembali Kucurkan Dana Hibah Penelitian Untuk FTUI

Pada Selasa, 17 Oktober 2023, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menerima hibah penelitian berharga sebesar 12.000 USD dari Osaka Gas Foundation. Dua dosen dan peneliti FTUI yang terpilih, yakni Ir. Jaka Fajar Fatriansyah, S.Si., M.Si., Ph.D. dari Departemen Metalurgi dan Material, serta Eny Kusrini, S.Si., Ph.D. dari Departemen Teknik Kimia, berkesempatan menjadi penerima hibah penelitian tahun ini.

Seremoni penyerahan Osaka Gas Research Grant 2023/2024 berlangsung di FTUI dan dihadiri oleh Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T. (Manajer Kemahasiswaan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat FTUI), Prof. Dr. Ir. Akhmad Herman Yuwono, M.Phil.Eng (Sekretaris Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan FTUI), Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. (Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum FTUI), Mr. Koji Kato (Direktur Eksekutif Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange), Mr. Kazuo Pontoh (Representative OGFICE Jepang di Jakarta), serta para penerima hibah tahun 2021 dan 2022.

Dalam sambutannya, Dr. Dhani menyoroti signifikansi program kerjasama jangka panjang ini. “Kerjasama ini telah menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung perkembangan riset di FTUI. Dukungan Osaka Gas telah memberikan banyak kontribusi yang sangat berarti bagi para peneliti FTUI dan kami berharap dapat terus mempertahankan serta meningkatkan hubungan kerjasama yang sudah kokoh ini untuk menciptakan dampak positif yang lebih besar lagi kedepannya.”

Osaka Gas Foundation, yang didirikan pada tahun 1992, memiliki tujuan untuk memperdalam penelitian antara Jepang dengan negara-negara produsen gas alam. Kerjasama FTUI dan Osaka gas sendiri telah berjalan lebih dari 30 tahun dalam bentuk hibah penelitian terkhusus dalam tema energi atau masalah lingkungan secara global.

“Osaka Gas Foundation bertekad untuk terus mendukung penuh kegiatan pengembangan penelitian di FTUI secara kontinu. Kami berharap program ini akan melahirkan karya-karya yang bukan hanya berkontribusi pada kemajuan pendidikan di universitas, tetapi juga memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat secara keseluruhan,” ujar Mr. Koji dalam sambutannya.

Seremoni berlanjut dengan penyerahan dana hibah secara simbolis kepada penerima hibah penelitian Osaka Gas tahun 2023. Dalam sesi ini, Jaka Fajar mempresentasikan topik penelitiannya yang berjudul ‘Synthesis and Azo Dye Photodegradation Performance Optimization of Agricultural Waste-Based Mesoporous Silica TiO2/RGO Composite Thin Film to Improve Water Quality’, sementara Eny Kusrini menyajikan topik penelitiannya tentang ‘Production of Carbon Nanofibers from Empty Fruit Bunches as Electrode Material for Supercapacitors via Thermal Chemical Vapor Deposition and Electrospinning’.

Acara ini juga melibatkan penerima hibah tahun 2022, Rahma Muthia, S.T., M.Sc., Ph.D., dan Muhammad Ibadurrohman, Ph.D (DIC). Rahma Muthia mempresentasikan hasil penelitiannya tentang ‘Techno-enviro-economic Assessment of Floating Photovoltaic-to-Hydrogen Technology on the Jatiluhur Reservoir for the Green Hydrogen Injection into Natural Gas Pipelines Networks’, sementara Muhammad Ibadurrohman menyajikan hasil penelitiannya yang berjudul ‘Development of g-C3N4-based Photoanodes for Photoelectrochemical Hydrogen Production Utilizing Pharmaceutical Wastes as Anodic Sacrificial Agents’.

“Lebih dari tiga dekade, Osaka Gas Foundation telah memberikan bantuan untuk 91 peneliti FTUI dengan total dana mencapai USD 360.000. Dengan kerja sama yang kuat antara Osaka Gas Foundation dan FTUI, diharapkan dapat menciptakan solusi nyata bagi tantangan masa depan, terutama dalam bidang energi dan lingkungan,” ujar Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X