id
id

UKK FTUI Borong 6 Penghargaan dalam UKK Awards UI 2023: Dedikasi pada Good Governance

UKK Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) berhasil raih 6 penghargaan pada UKK Awards UI 2023. Penghargaan ini diserahkan oleh pimpinan UI kepada unit-unit UKK dengan pencapaian kinerja terbaik serta merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan atas dedikasi UKK dalam mendukung visi dan misi Universitas Indonesia.

Pada kategori UKK Rumpun Sains dan Teknologi (SAINTEK), ketiga gelar juara seluruhnya menjadi milik FTUI. UP2M Teknik Kimia berhasil meraih Juara 1, diikuti oleh CMPFA yang meraih Juara 2, dan Lembaga Teknologi yang memenangkan Juara 3.

Selain itu, dalam kategori Pelaporan Keuangan Terbaik Periode Januari-Agustus 2023, Lembaga Teknologi meraih Juara 2 dalam kategori umum dan Juara 1 dalam rumpun SAINTEK. UP2M Teknik Mesin juga berhasil meraih Juara 3 dalam rumpun SAINTEK.

Penghargaan prestasi UKK dinilai berdasarkan tiga aspek utama, yaitu Contingency dengan bobot penilaian sebesar 25%, Financial Condition, dan Compliance dengan bobot penilaian sebesar 50%. Contingency mencakup akurasi pencapaian pendapatan terhadap target atau rencana anggaran UKK PPM selama periode 2022. Financial Condition mengukur kinerja pertumbuhan pendapatan UKK PPM antara tahun 2021 dan 2022. Sementara Compliance mencakup aspek ketaatan kontribusi finansial UKK kepada UI di tahun 2022, pelaporan kegiatan UKK pada Sispro di tahun 2022, dan pengelolaan sesuai peraturan yang berlaku.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, dengan bangga menyatakan, “Prestasi yang diraih oleh berbagai unit kerja di FTUI pada UKK Awards UI 2023 adalah bukti komitmen kami untuk menjalankan tata kelola UKK sesuai dengan standar operasional yang ketat. Ini juga sejalan dengan visi FTUI untuk memberikan kontribusi unggul dan berdampak bagi masyarakat dan bangsa.”

Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Kerjasama, Ventura, dan Alumni FTUI, menambahkan, “Prestasi ini merupakan hasil dari kolaborasi dan komitmen dari seluruh tim FTUI. Kami selalu berupaya menjalin kemitraan yang berkelanjutan dengan masyarakat dan berbagai pihak. FTUI berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik dalam memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan bangsa.”

UKK Awards UI 2023 diumumkan pada acara Rapat Kerja Unit Kerja Khusus (UKK) Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat (PPM) dan Usaha Komersial (UK) UI yang diselenggarakan di Cirebon pada tanggal 18-20 Oktober 2023. Rapat kerja ini membawakan tema “GOOD GOVERNANCE UKK” yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja unit usaha di lingkungan Universitas Indonesia agar dapat memberikan kontribusi terbaik kepada UI, masyarakat, dan bangsa.  Penghargaan UKK Award diserahkan dalam bentuk sertifikat dan medali yang diberikan kepada unit-unit UKK pemenang.

 

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X