id
id

KATALIS IKM FTUI, Pembekalan bagi Mahasiswa FTUI Menghadapi Dunia Pasca Kampus

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) semakin mengukuhkan posisinya sebagai kampus teknik terbaik di Indonesia dengan fokus pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Misi utama FTUI adalah tidak hanya meluluskan mahasiswa dengan prestasi akademis tinggi, tetapi juga membentuk mereka menjadi agen perubahan yang memberikan dampak positif pada masyarakat.

Pentingnya pembinaan dan pembekalan bagi mahasiswa FTUI sejak awal perkuliahan tidak terbantahkan. Salah satu upaya yang dilakukan FTUI adalah melalui acara KATALIS IKM FTUI: Keystone of Post Campus Empowerment Summit. Diselenggarakan di Balairung Universitas Indonesia (4/11) dan dihadiri oleh 500an mahasiswa baru FTUI angkatan 2023. Acara ini merupakan forum di mana para alumni FTUI yang telah sukses di dunia kerja berbagi pengalaman dan memberikan nasihat berharga kepada mahasiswa.

Dalam KATALIS IKM FTUI, BEM FTUI sebagai penyelenggara berharap agar mahasiswa FTUI lebih siap menghadapi tantangan di dunia pasca kampus. Acara ini juga dirancang untuk membantu mahasiswa membangun jaringan profesional yang kuat dan menjadi insan yang unggul serta berdampak.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta, Daud Joseph, menjadi pembicara pertama dalam acara ini. Alumni Teknik Metalurgi dan Material FTUI angkatan 1997 iniĀ  membahas tentang kepemimpinan dan betapa pentingnya komunikasi dalam kepemimpinan. Beliau membagikan pengalaman sukses dalam mengelola Transjakarta sejak tahun 2016.

Direktur Utama PT Desain Ragam Inspirasi Studio, Andrisyah Tauladan, juga tampil sebagai pembicara penutup acara KATALIS. Aluni Teknik Sipil FTUI angkatan 2003 ini banyak memberikan arahan berharga dan menantang mahasiswa untuk menjadi wirausahawan yang meyakinkan. Mahasiswa Teknik Industri angkatan 2023, Salsabila, bahkan berhasil menjawab tantangan ini dengan berhasil meyakinkan Andrisyah sebagai investor untuk rencana bisnisnya.

Para pendiri start-up yang merupakan alumni FTUI juga berbagi pengalaman mereka dalam acara ini, menginspirasi mahasiswa tentang proses ide bisnis hingga perkembangan menjadi bisnis yang dapat bertahan dalam persaingan.

“Melalui kekayaan pengalaman dalam menghasilkan lulusan-lulusan terbaik, Fakultas Teknik UI terus mendorong mahasiswa untuk memiliki jiwa entrepreneur. Saya berharap bahwa melalui partisipasi aktif dalam berbagai aktivitas, para mahasiswa baru dapat mengembangkan semangat kewirausahaan yang akan memandu mereka menuju kesuksesan, di mana pun jalan karier mereka membawa,” ungkap Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU.

Selain paparan dari para pembicara, acara ini juga melibatkan kegiatan-kegiatan seperti sesi mentoring, pemaparan terkait Unit Wirausaha Inovasi, dan Inkubator Bisnis DISTP UI. Semua ini merupakan langkah konkrit FTUI dalam membekali mahasiswa tidak hanya dengan pengetahuan akademis, tetapi juga dengan keterampilan dan jiwa wirausaha yang diperlukan di dunia pasca kampus.

Dalam acara ini juga turut hadir Manajer Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Kepala Unit Wirausaha Inovasi, dan Reverse Engineering, Dr. Muhammad Sahlan, S.I., M.Eng., Sekretaris Unit Wirausaha Inovasi, dan Reverse Engineering, Dr. Imam Jauhari Maknun, S.T., M.T., M. Sc., Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum, Tikka Anggraeni, M.Si., dan Kasubdit Inkubator Bisnis DISTP UI, Prasandhya Astagiri Yusuf, Ph.D.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X