id
id

FTUI Hadir dalam UI International Education Expo 2023

Pada Minggu (04/11), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali turut serta dalam UI International Education Expo 2023 yang berlangsung di Balai Serbaguna Purnomo Prawiro UI. Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar program kelas internasional yang tersedia di lingkungan UI. Mendapat sambutan hangat dari peserta, antusiasme mereka pada pameran ini dapat terlihat dari jumlahnya yang mencapai 2000 peserta berasal dari kalangan siswa, guru, maupun orangtua siswa.

Rutin diselenggarakan sejak tahun 2008, kali ini FTUI hadir pada pameran bersama dengan 7 Fakultas penyelenggara Program Kelas Internasional lainnya, yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Ilmu Komputer. Tersedianya stand dari fakultas-fakultas ini memberikan kesempatan berinteraksi secara langsung bagi peserta untuk mendapatkan informasi yang akurat dan komprehensif.

“Kegiatan ini memungkinkan para peserta untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang peluang pendidikan internasional yang ditawarkan oleh UI. Melalui pameran ini, kami juga berkesempatan untuk memberikan informasi rinci mengenai beragam program kelas internasional yang disediakan FTUI kepada para peserta,” ujar Tikka Anggraeni, S.Sos., M.Si., CPR. selaku Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum FTUI.

Selain mengeksplor stan fakultas yang menjadi sumber informasi utama, para peserta juga dapat menggali lebih dalam dengan menghadiri sesi pemaparan masing-masing fakultas. Pemaparan FTUI dilakukan oleh Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D., DIC selaku sekretaris Unit Modernisasi Dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI. “Pada tahun 2023, kami menjalin beberapa kerjasama baru dengan sejumlah universitas terkemuka dari berbagai negara. Tak hanya itu, kami juga secara bertahap membuka program studi baru untuk kelas internasional. Hal ini kami lakukan agar calon mahasiswa memiliki lebih banyak opsi universitas dan program studi yang sesuai dengan minat serta tujuan mereka,” ungkap Fadhilah.

Saat ini, FTUI menawarkan 9 program studi kelas internasional double degree dengan 2 program studi baru, yaitu Teknik Lingkungan dan Teknik Komputer, yang akan dibuka pada tahun ajaran mendatang. Program-program studi kelas internasional ini menjalin kemitraan dengan beberapa universitas terkemuka di berbagai negara, antara lain Australia, Jerman, Inggris, dan Malaysia.

Dalam pernyataannya terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, menyampaikan, “Tersedianya program kelas internasional di FTUI merupakan bukti komitmen FTUI dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia melalui pendidikan berkualitas di lingkup internasional. Keberagaman budaya dan pengalaman yang mahasiswa temui selama studi mereka di universitas mitra akan membantu membentuk mereka menjadi individu yang lebih toleran, kreatif, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi di tingkat global.”

Program internasional UI memiliki dua jalur penerimaan, yakni melalui Talent Scouting dan SIMAK UI. Jalur Talent Scouting melibatkan seleksi berdasarkan nilai akademik siswa yang melibatkan peran sekolah, sementara jalur SIMAK UI berdasarkan tes tertulis. Pada tahun 2024 mendatang, penerimaan mahasiswa baru untuk program kelas internasional jalur Talent Scouting akan dilaksanakan pada kisaran bulan Februari–Maret, sedangkan jalur SIMAK UI akan dilaksanakan pada kisaran bulan Mei–Juni. Informasi mengenai pendaftaran ini dapat diakses melalui www.simak.ui.ac.id dan laman registrasi di www.penerimaan.ui.ac.id.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X