id
id

KATALIS FTUI 2023 Menghadirkan Daud Joseph, Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta

”Komunikasi merupakan jenis proses sosial yang berhubungan erat dengan kegiatan manusia”. Hal ini disampaikan oleh Daud Joseph, Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta pada acara KATALIS IKM FTUI 2023 di Balairung UI (4/11). Pak Jos, panggilan akrab Daud Joseph juga menyampaikan bahwa komunikasi adalah bagian terpenting dari leadership atau kepemimpinan.

Leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang-orang supaya mau bekerja bersama menuju suatu tujuan tertentu. Komunikasi merupakan satu-satunya cara untuk mempengaruhi dan meyakinkan,” kata alumni Teknik Metalurgi dan Material angkatan ’97 ini di hadapan 500an mahasiswa baru FTUI angkatan 2023.

Pak Jos lebih lanjut menjelaskan bahwa komunikasi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu verbal dan non-verbal. Ketika menjadi pemimpin, komunikasi non verbal lebih banyak digunakan daripada komunikasi verbal. Beliau mencontohkan caranya berpakaian dengan formal adalah salah satu cara komunikasi non verbal dengan artian beliau menghargai forum yang dia hadiri dan para pesertanya setinggi-tingginya.

Komunikasi yang baik, membuat Pak Jos mampu menorehkan berbagai prestasi bagi Transjakarta. ”Diantaranya, tahun 2016, jumlah unit bus Transjakarta hanya 300, namun pada hari ini (4/11) jumlah bus sudah mencapai 4.692 unit. Berikutnya, jumlah koridor yang semula hanya 12 rute, kini sudah bertambah menjadi 240 rute. Terakhir, jumlah pelanggan yang semula 300.000 per hari menjadi 1.128.000 pelanggan per hari.”

Pak Jos juga membagikan tips menjadi pemimpin bagi para mahasiswa FTUI. Diantaranya, keuntungan menjadi mahasiswa FTUI adalah kemampuan berpikir secara terstruktur dan logis. Sehingga, mahasiswa FTUI dapat menggunakannya dalam berkomunikasi dengan pola yang sama. Berikutnya adalah terus belajar. Kemampuan berkomunikasi dapat dibentuk dengan belajar bersama orang lain. Misalnya dengan berorganisasi agar bertemu dengan orang lain dan belajar untuk meyakinkan mereka. Bahkan, menurutnya, jangan makan pagi, siang, maupun malam sendirian. Hal ini agar terlatih untuk terus berkomunikasi.

“Fakultas Teknik UI sudah memiliki pengalaman panjang dalam menghasilkan lulusan-lulusan terbaik. Saya berharap setelah melewati proses aktivitas ini, para mahasiswa baru bisa punya jiwa entrepreneur, di mana pun nanti mereka bekerja,” ujar Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU.

Selain Pak Jos, pembicara lain juga turut mengisi acara, yaitu Direktur Utama PT Desain Ragam Inspirasi Studio, Andrisyah Tauladan. Dalam acara ini juga turut hadir Manajer Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Kepala Unit Wirausaha Inovasi, dan Reverse Engineering, Dr. Muhammad Sahlan, S.I., M.Eng., Sekretaris Unit Wirausaha Inovasi, dan Reverse Engineering, Dr. Imam Jauhari Maknun, S.T., M.T., M. Sc., Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum, Tikka Anggraeni, M.Si., dan Kasubdit Inkubator Bisnis DISTP UI, Prasandhya Astagiri Yusuf, Ph.D.

Selain sesi materi dari pembicara tamu, ada beberapa sesi lainnya yang diselenggarakan. Diantaranya, sesi mentoring, di mana mahasiswa diberikan materi oleh para mentor dari BEM FTUI yang terbagi dalam 100 grup diskusi. Lalu ada pemaparan dari Pak Sahlan terkait Unit Wirausaha Inovasi. Pemaparan dari Pak Sandhy tentang Inkubator Bisnis DISTP UI. Dan juga, pemaparan dari para founder beberapa perusahaan start-up, yaitu TryoutX, Micon, LeadUp, dan PrintBox.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X