id
id

Menatap Masa Depan: Kiat Andrisyah Tauladan untuk Mahasiswa FTUI Setelah Lulus

Setelah menyelesaikan perjalanan kuliah, setiap mahasiswa membawa impian dan rencana unik untuk melanjutkan hidup mereka. Hal ini disampaikan oleh Andrisyah Tauladan, Direktur Utama PT Desain Ragam Inspirasi Studio pada acara KATALIS IKM FTUI 2023 yang diselenggarakan di Balairung Universitas Indonesia (4/11).

Pada sesi talkshow, Andrisyah Tauladan memberikan nasihat berharga kepada para mahasiswa agar tidak hanya fokus pada gaji atau penghasilan, tetapi juga mempertimbangkan di mana mereka akan bekerja dan apa yang akan mereka kerjakan. Baginya, keahlian yang dimiliki dapat menjadi penentu masa depan yang cerah.

Dihadapan 500an mahasiswa baru FTUI angkatan 2023, Andrisyah mengungkapkan beberapa bidang pekerjaan yang menjanjikan, terutama dalam dunia teknik. ”Software Engineering, Aerospace Engineering, Civil Engineering, dan Biomedical Engineering adalah beberapa di antaranya. Di sisi bisnis, bisnis medis menjadi pilihan menjanjikan, yang sejalan dengan dampak pandemi COVID-19,” ungkap alumni Teknik Sipil FTUI angkatan 2003 ini.

Salah satu momen menarik dalam talkshow ini adalah tantangan yang diajukan oleh Andrisyah kepada mahasiswa untuk meyakinkan diri mereka menjadi investor dari rencana bisnis mereka. Salsabila, mahasiswi Teknik Industri angkatan 2023, berhasil meyakinkan Andrisyah untuk menjadi investor untuk bisnis wartegnya, meraih penghargaan berupa jaket.

Pada acara KATALIS IKM FTUI 2023, selain sesi materi dari pembicara tamu, ada beberapa sesi lainnya yang diselenggarakan. Diantaranya, sesi mentoring, di mana mahasiswa diberikan materi oleh para mentor dari BEM FTUI yang terbagi dalam 100 grup diskusi. Lalu ada pemaparan dari Pak Sahlan terkait Unit Wirausaha Inovasi. Pemaparan dari Prasandhya Astagiri Yusuf, Ph.D tentang Inkubator Bisnis DISTP UI. Dan juga, pemaparan dari para founder beberapa perusahaan start-up, yaitu TryoutX, Micon, LeadUp, dan PrintBox.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T. M.Eng., IPU., berharap agar mahasiswa FTUI dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan setelah mengikuti kegiatan ini. “Fakultas Teknik UI sudah memiliki pengalaman panjang dalam menghasilkan lulusan-lulusan terbaik. Saya berharap setelah melewati proses aktivitas ini, para mahasiswa baru bisa punya jiwa entrepreneur, di mana pun nanti mereka bekerja. Harapannya adalah agar acara ini memantik tumbuhnya semangat kewirausahaan di antara para mahasiswa FTUI, menciptakan lulusan yang tidak hanya berkualitas tetapi juga memiliki semangat berwirausaha.”

Selain Andrisyah, pembicara lain juga turut mengisi acara, yaitu Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta, Daud Joseph. Dalam acara ini juga turut hadir Manajer Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Kepala Unit Wirausaha Inovasi, dan Reverse Engineering, Dr. Muhammad Sahlan, S.I., M.Eng., Sekretaris Unit Wirausaha Inovasi, dan Reverse Engineering, Dr. Imam Jauhari Maknun, S.T., M.T., M. Sc., Manajer Komunikasi Publik dan Administrasi Umum, Tikka Anggraeni, M.Si., dan Kasubdit Inkubator Bisnis DISTP UI, Prasandhya Astagiri Yusuf, Ph.D.

***

Biro Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X