id
id

Tingkatkan Kerjasama Penelitian, FTUI Kembali Berikan Hibah Untuk 55 Guru Besar dan Lektor Kepala

Pada Rabu, 15 November 2023, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menggelar acara Seremoni Penandatangan Kontrak Hibah Seed Funding Guru Besar dan Lektor Kepala FTUI tahun 2023/2024 di ruang Smart Meeting Room, Gedung Dekanat FTUI. Acara ini bertujuan untuk mendorong engagement activities oleh Guru Besar dan Lektor Kepala FTUI dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Seperti nama program ini yaitu Seed Grant, diharapkan para peneliti FTUI dapat menebar benih-benih kerjasama penelitian dengan dengan mitra-mitra dalam negeri maupun luar negeri. Tahun ini FTUI membuka 5 skema hibah, salah satunya skema reverse engineering, dimana kini kita tidak perlu meneliti dari awal melainkan mencari peluang pengembangan dari penelitian yang telah ada sesuai dengan bidang keahlian masing-masing,” ungkap Prof. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan FTUI, dalam sambutannya.

Pada Seed Funding tahun ini, setiap pengusul diminta untuk memilih satu buah skema hibah yang tersedia sesuai dengan bidang kepakaran dan kompetensinya. Skema yang dibuka adalah Skema Hibah Riset, Skema Hibah Pengabdian Masyarakat, Skema Hibah Reverse Engineering, Skema Insentif Kerjasama, dan Skema Insentif Pendidikan.

Setelah melalui proses peninjauan, terpilih 34 Guru Besar dan 21 Lektor Kepala sebagai penerima hibah seed funding 2023/2024. Dari total 55 proposal yang akan didanai, sebanyak 48 proposal terkait dengan skema Hibah Riset, 2 proposal untuk Hibah Pengabdian Masyarakat, 2 proposal untuk Hibah Reverse Engineering, dan 3 proposal untuk Insentif Kerjasama.

FTUI berharap keberadaan Hibah Seed Funding Guru Besar dan Lektor Kepala 2023/2024 ini dapat menjadi pendorong bagi peneliti FTUI untuk terus menghasilkan karya yang memberikan berdampak positif dalam tridharma perguruan tinggi. Sehingga FTUI dapat senantiasa menjadi motor penggerak keunggulan riset di tingkat nasional maupun internasional.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X