id
id

Wujud Komitmen dalam Menebar Kontribusi pada Ilmu Pengetahuan, FTUI Ikuti TUAT COI-NEXT International Workshop 2023

Delegasi Fakultas Teknik Universitas Indonesia menghadiri TUAT COI-NEXT International Workshop yang diselenggarakan di Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT) Koganei Campus, Tokyo, Jepang, pada Senin, (20/11) lalu. International Workshop ini merupakan satu satu kegiatan pada program COI-NEXT-TUAT yang dibiayai oleh Japan Science and Technology Agency (JST).

Pada TUAT COI-NEXT International Workshop 2023 ini FTUI diwakili oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., Dekan FTUI, dan Dr. Muhamad Sahlan, Kepala Unit Wirausaha dan Inovasi FTUI. Workshop ini mengangkat tema “Carbon Cultivation Innovation Hub Challenging the Limits of Carbon Negativity” dengan tujuan utama berupa pemanfaatan hasil dari kultivasi karbon berupa biomassa menjadi bahan-bahan yang berkelanjutan.

Dekan FTUI, dalam perjalanannya mengikuti workshop internasional ini menyampaikan, “Sebuah kehormatan, sejak tahun lalu kami berhasil berkonsorsium bersama pihak TUAT melalui COI-NEXT International Workshop. Di sini kami dapat saling berbagi dan berdiskusi mengenai berbagai program. Tentunya ketiga hal ini kami diskusikan dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan.”

Dr. Sahlan, pun turut menyampaikan, “Keikutsertaan kami dalam COI-NEXT International Workshop 2023 ini menjadi bukti komitmen FTUI dalam berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang Carbon cultivation-based Material and Fuel Production. Tidak lain hal ini adalah kolaborasi untuk menghasilkan penemuan inovatif dan solusi transformatif. Untuk itu, workshop ini dapat menjadi wadah dalam menjalin relasi baru dan kolaborasi. Selain itu, diharapkan dapat menjadi wadah untuk ide-ide transformatif dan inkubator solusi inovatif.”

Dalam workshop tersebut, Prof. Heri menyampaikan terkait isu “Considerative Biosynthesis of Xylonic Acid and Gluconic Acid from Hydrolyzed Palm Fronds Using Gluconobacter Oxydans in a Batch Fermentation Process”. Sementara itu, Dr. Sahlan menyampaikan isu “Enhancement of Sodium Gluconate in Neutralized Oil Palm Fronds Hydrolyzate Fermentation Broth using Low Pressure Nanofiltration.”

Keikutsertaan FTUI dalam workshop internasional ini tidak lain adalah buah dari kolaborasi bersama Profesor Jepang pada kegiatan Asian Federation of Biotechnology 2022 dan QiR 2023 FTUI. Dari dua kegiatan bergengsi ini akhirnya FTUI sejak tahun lalu resmi berkonsorsium bersama pihak TUAT untuk mendapatkan program COI-NEXT ini.

TUAT COI-NEXT International Workshop 2023 diikuti oleh berbagai negara, seperti Indonesia yang diwakili UI, ITB, dan IPB, Thailand yang diwakili Thailand National Science and Technology Development Agency (NSTDA), Chulalongkorn University, dan Kasetsart University, serta Jepang yang diwakili oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST), Hirosaki University, dan Tokyo University of Agriculture and Technology.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X