id
id

FTUI dan Turkish Cooperation and Coordination Agency Bahas Peluang Kolaborasi Untuk Tingkatkan Kualitas Fasilitas Akademik di Lingkungan FTUI

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima delegasi dari The Turkish Cooperation and Coordination Agency (TIKA) pada hari Rabu (12/06). TIKA merupakan badan pemerintah dibawah dinas kebudayaan dan sosial yang memiliki fokus untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Pada pertemuan ini, TIKA diwakili oleh Ms. Özlem Güvenç dan Mr. Gökhan Keser selaku Expert staff TIKA.

“Melalui kunjungan ini, kami bermaksud menawarkan project kepada FTUI dalam bentuk bantuan equipment, supply alat, pembangunan laboratorium atau jika FTUI memiliki desa binaan atau UMKM kami bisa bantu memberikan equipment sebagai alat produksi yang bisa menghasilkan untuk masyarakat,” ungkap Mr. Gökhan Keser, menjelaskan lebih lanjut mengenai program yang dimiliki TIKA.

Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan FTUI, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., memberikan respon positif, “Saat ini, FTUI sendiri sedang membangun Gedung Inter Disciplinary Engineering (Gedung IDE) yang masih membutuhkan beberapa perlengkapan laboratorium, salah satunya pengembangan laboratorium fisika dasar. Mungkin hal ini bisa menjadi peluang kolaborasi FTUI dengan TIKA”.

Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., Dekan FTUI, pada kesempatan terpisah menyatakan, “Dengan kesempatan kolaborasi dengan TIKA ini, bisa menjadi strategi pengembangan fasilitas akademik di lingkungan FTUI. Diharapkan kedepannya dapat membantu meningkatkan kualitas akademik dan dapat menciptakan pendidikan yang tidak hanya berfokus pada kualitas, tetapi juga inovasi dan dampak yang mampu bersaing secara global.”

Saat ini, TIKA sudah melakukan beberapa proyek dengan pemerintah daerah di Indonesia untuk pembangunan fasilitas masyarakat, diantaranya pembangunan jembatan dan alat-alat bantuan kesehatan. Selain itu, proyek yang lain dalam naungan TIKA, yakni pembangunan laboratorium dan menyediakan trainer. pada Cezeri Lab yang berada di Islamic University of Technology (IUT), Bangladesh.

Turut menerima delegasi adalah Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, Wakil Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D., DIC., dan Kepala Unit Wirausaha dan Inovasi, Kepala Reverse Engineering Center, Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

 

X