id
id

Program Studi Magister Interdisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota FTUI Raih Akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT

Program Studi Magister Interdisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota FTUI berhasil meraih Akreditasi pertama dengan peringkat ”Baik Sekali” dari BAN-PT. Hasil ini didapatkan setelah sebelumnya pada Selasa (21/11), Program Studi ini melaksanakan kegiatan asesmen lapangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan ini merupakan bagian dari proses akreditasi BAN-PT guna menilai dan menentukan status mutu perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA., Kepala Unit Pendidikan dan Penelitian Interdisiplin Keteknikan (UP2IK) dan Ketua Graduate Program Interdiscipline yang membawahi prodi PWK mengungkapkan, “Proses Asesmen yang telah dijalankan menjadi landasan untuk mendapatkan masukan dan saran konstruktif, memungkinkan kami untuk terus meningkatkan mutu dan tata kelola akademik FTUI, khususnya di PWK FTUI. Dengan komitmen yang melibatkan semua pihak untuk melakukan perbaikan dan inovasi, FTUI akan dapat mencapai standar keunggulan akademik yang lebih baik lagi.”

Sementara Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, menyampaikan harapannya terhadap akreditasi yang telah diperoleh ini, “Proses akreditasi ini menjadi bukti komitmen FTUI untuk menjaga dan meningkatkan standar pendidikan tinggi, salah satunya di bidang perencanaan wilayah dan kota. FTUI akan terus berupaya untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui peningkatan mutu akademik. Semoga kedepannya, PWK FTUI dapat meningkatkan akreditasnya lebih baik lagi dan meraih predikat Unggul.”

Dr.-Ing. Ova Candra Dewi, S.T., M.Sc., Ketua Program Studi Magister Interdisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota FTUI menyampaikan bahwa peringkat ”Baik Sekali” sebagai hasil akreditasi pertama ini merepresentasikan kualitas pendidikan Program Studi Magister Interdisiplin PWK FTUI. ”Proses asessment yang sebelumnya dilakukan mencakup beberapa aspek, seperti kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tatap muka, sistem pengelolaan, pengecekan dokumen-dokumen, konfirmasi aspek pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional, serta keterlibatan tenaga kependidikan, dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholder eksternal yang dirangkum dalam Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED).”

###

Kantor Komunikasi dan Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

 

X