id
id

Pameran Desain Proyek Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro FTUI

Departemen Teknik Elektro (DTE) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menggelar Pameran Karya Desain Proyek Program Studi teknik Elektro di Lobi Gedung K FTUI (13/12). Kegiatan ini menjadi wadah bagi lebih dari 30 kelompok mahasiswa angkatan 2020 untuk mempresentasikan proyek-proyek desain mereka yang berfokus pada permasalahan di sekitar lingkungan FTUI.

Pameran ini juga merupakan bagian untuk memenuhi mata kuliah desain proyek. Dosen pengampu mata kuliah ini ialah Ir. Purnomo Sidi Priambodo, M.Sc., Ph.D., Dr. Abdul Muis, S.T., M.Eng., Taufiq Alif Kurniawan, M.T., M.Sc., dan Aji Nur Widyanto, S.T., M.T.

Rudi, salah seorang mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 3.7 memaparkan produk inovatif besutan tim nya. “Tim kami membuat alat sistem monitoring ketinggian muka air tanah. Dengan memanfaatkan sensor ultrasonik yang dapat menghasilkan dan memantulkan gelombang, alat ini akan dapat mengukur jarak permukaan tanah sampai titik permukaan air. Alat ini kami rancang karena memiliki potensi aplikasi pemanfaatan yang sangat luas, mulai dari sumur, kolam, toren air, maupun digunakan untuk mengukur jarak benda antar padat seperti tembok,” ujarnya.

Anggota lainnya, Reza, lebih lanjut mengungkapkan kesannya selama menjalani proses perancangan desain proyek. Ia mengungkapkan bahwa dirinya banyak belajar mengenai bagaimana perancangan suatu desain proyek dilaksanakan untuk menciptakan solusi dari permasalahan yang ada. Dalam hal ini, kelompok 3.7 menyadari perlunya memperhatikan ketinggian air untuk berbagai aspek sehingga tergerak untuk membuat alat monitoring ketinggian air.

Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. selaku dekan FTUI menyampaikan apresiasinya terhadap kreativitas dan dedikasi mahasiswa Teknik Elektro “Karya para mahasiswa dalam menciptakan solusi inovatif untuk permasalahan lingkungan di sekitar FTUI akan memantik semangat kreativitas dalam diri mereka. Hadirnya pameran Karya Desain Proyek Program Studi Teknik Elektro menunjukkan bahwa mahasiswa FTUI mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka untuk menciptakan solusi yang relevan dan bermanfaat.”

 

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X