id
id

FTUI Perluas Kerjasama dengan PT Pertamina Hulu Rokan

Pada Senin (20/12) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menerima delegasi dari PT Pertamina Hulu Rokan, yang berlangsung di Ruang Rapat Senat FTUI. Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan anak perusahaan dari perusahaan energi terbesar di Indonesia, Pertamina (Persero), yang bergerak di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi (Migas) di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penjajakan kerjasama pendidikan dan penelitian.

“Kami menyambut baik kehadiran PT Pertamina Hulu Roka untuk membuka kolaborasi dengan FTUI di bidang Pendidikan, ataupun penelitian yang diharapkan Kerjasama ini dapat menghasilkan mutual benefit bagi kedua belah pihak, dan memberikan dampak positif bagi masing-masing pihak,” ungkap Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU.

Dalam diskusi Bapak Azumar Ridwan, perwakilan PT Pertamina Hulu Roka menjabarkan program Goes to Campus, dimana program ini merupakan salah satu wadah PT Pertamina Hulu Roka untuk terkoneksi kembali dengan tempat dimana kita pernah menimba ilmu, dimana program ini merupakan salah satu bentuk berkontribusi kami kepada FTUI.

“Kami juga menawarkan kerjasama dalam bentuk magang di perusahaan bagi mahasiswa, penyelenggaraan credit earning program dalam rangka mendukung Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu upaya peningkatan kualitas SDM pengajar juga dapat dilakukan melalui akselerasi tridharma pendidikan seperti program praktisi mengajar, joint research, dan keterlibatan dosen sebagai problem solving isu-isu keteknikan,” kata Azumar.

Sejalan dengan misi FTUI untuk menciptakan lulusan keteknikan yang berintelektualitas tinggi dan mampu bersaing secara global, pegawai PT Pertamina Hulu Rokan berkesempatan melanjutkan pendidikan program double degree S2 maupun S3 di FTUI. Diharapkan melalui kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas kualitas pendidikan, meningkatkan kompetensi pegawai PT Pertamina Hulu Rokan. Selain itu, PT Pertamina Hulu Roka juga menawarkan program kerjasama dimana SDM PT Pertamina Hulu Rokan, dapat menjadi dosen tamu ataupun pembicara kuliah umum di lingkungan FTUI, serta memberikan bantuan menyediakan fasilitas belajar-mengajar maupun riset.

Dari hasil diskusi, kedua belah pihak FTUI maupun PT Pertamina Hulu Rokan, sepakat untuk mematangkan dan merealisasikan program kerjasama yang telah didiskusikan, dimana tahap selanjutnnya diharapkan untuk segera menyusun dan mengesahkan MOU. Kolaborasi antara FTUI dan PT Pertamina Hulu Rokan diharapkan dapat memperkuat koneksi antara dunia industri dan akademik dalam mendukung pengembangan SDM yang berkualitas dan mampu menjawab kebutuhan industri.

Delegasi dari PT Pertamina Hulu Rokan diwakili oleh Azumar Ridwan (Manager Plant Operations North sekaligus alumni Teknik Elektro FTUI ‘93), Arfi Zatnika Sukma Aji, (Sr Expert II Construction sekaligus alumni Teknik Metalurgi dan Material FTUI ‘94), Indra Dwi Novyanto (Manager Business Improvement & Third-Party Interface sekaligus alumni Teknik Elektro FTUI ’92), Satya Prihatmoko (Talent Development Expert sekaligus alumni Teknik Komputer FTUI ‘93), Irani Sandryastuti (Team Manager Tech Training & Personnel Certification, sekaligus alumni Teknik Sipil FTUI ’98). Sedangkan, delegasi diterima oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., (Dekan FTUI), Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto (Manajer Kerjasama, Ventura dan Alumni FTUI), beserta tim KVA.

***

Kantor Komunikasi Publik dan Administrasi Umum
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X