id
id

FTUI Bersiap Buka Dua Prodi Sarjana Kelas Internasional Baru

Pada Rabu (3/1), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mengadakan rapat pembahasan pembukaan Program Studi Kelas Khusus Internasional Teknik Lingkungan dan Teknik Komputer. Rapat ini dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc. dan dilaksanakan di Ruang Rapat Senat, Gedung Dekanat.

Membuka rapat ini, Prof. Yanuar memberikan sambutannya. Menurutnya, dalam rencana pembukaan program studi baru ini, para pihak terkait tidak perlu memikirkan hal-hal yang belum pasti terlebih dahulu. Namun, lebih fokus kepada proposal yang akan diajukan ke Unit Penjaminan Mutu Akademik. “Kita harus semangat dalam pembukaan program studi baru ini,” ujar Prof Yanuar.

Dalam rapat ini dibahas beberapa hal. Di antaranya adalah proses penjalinan kerjasama dengan kampus mitra FTUI. Program kerjasama yang sedang berusaha untuk dijalin oleh Teknik Lingkungan maupun Teknik Komputer yaitu dengan Monash University. Secara khusus, Teknik Lingkungan berusaha menjalin kerjasama dengan KTH Royal Institute of Technology yang menawarkan skema kerjasama 4 tahun kuliah di kampus FTUI dan 1 tahun kuliah di kampus mitra untuk melanjutkan pendidikan magister. KTH RIT juga menawarkan kerjasama dengan skema Master Double Degree. Sedangkan Teknik Komputer fokus menjalin kerjasama dengan Monash Universit karena di sana terdapat program studi Electrical and Computer System Engineering dan Software Engineering yang sangat potensial untuk menjadi mitra.

Beberapa hal juga menjadi perhatian dalam rapat ini. Di antaranya adalah beban dosen, di mana jumlah dosen belum memadai. Juga menjadi pertanyaan apakah dosen akan mendapatkan bahasa Inggris agar mampu mengajar di program studi kelas khusus internasional ini. Lalu, siapa pihak yang akan bertanggung jawab perihal promosi program studi baru ini.

Mengakhiri rapat, Prof. Harinaldi menyampaikan agar Teknik Lingkungan maupun Teknik Komputer berusaha mendapatkan skema kerja sama Double Degree yang terbaik. “Tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan curriculum mapping dengan calon mitra terkait,” ujar Prof. Harinaldi.

Pada kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU menyampaikan, ”Pembukaan dua Program Studi Kelas Khusus Internasional baru, Teknik Lingkungan dan Teknik Komputer adalah langkah berani yang perlu kita hadapi dengan fokus dan semangat kolektif. Mari bersama-sama menjadikan langkah ini sebagai pencapaian luar biasa bagi FTUI dalam meraih keunggulan akademik global. ”

Rapat ini turut dihadiri oleh Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik, Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc., Manajer Pendidikan, Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng.‎, Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC, Ketua Program Studi Teknik Lingkungan, Dr. Cindy Rianti Priadi, ST., MSc., dan Ketua Program Studi Teknik Komputer, Dr. Muhammad Salman., ST., M.IT. yang diwakili oleh Dr. Prima Dewi Purnamasari., ST., MT., M.Sc.dan Dr. Muhammad Firdaus S Lubis.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X