id
id

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Incar Bakat Muda FTUI Melalui College Shopping

Pada Selasa, 9 Januari 2023, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) melakukan Courtesy Visit ke Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dengan tujuan utama mengadakan College Shopping. Delegasi PT KPI yang terdiri dari Dewi Kurnia Salwa (Vice President Human Capital), Yulianto (Manager HC Operation), dan Ibu Dewi Elok (Analyst Recruitment) diterima oleh Career Development Center (CDC) FTUI.

College shopping merupakan proses rekrutmen yang yang diinisiasi oleh PT KPI, berkolaborasi dengan perguruan tinggi tertentu, dengan persyaratan spesifik untuk mendapatkan talenta atau kandidat terbaik (high-flyers). Proses ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam mengisi posisi jabatan atau mendukung pemenuhan proyek secara tepat dan efektif.

Manajer Kerjasama, Ventura, dan Alumni, Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, menyambut baik peluang ini, “Kami sangat terbuka dan siap untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pertamina merupakan salah satu mitra FTUI dengan engagement paling erat dan kami sangat mengapresiasi kolaborasi-kolaborasi yang telah terjalin dalam berbagai bidang. Kemitraan yang telah terbentuk ini menjadi fondasi kuat bagi perusahaan dan universitas untuk terus saling memberikan manfaat.”

Pada college shopping kali ini, PT KPI menyasar beberapa program studi di FTUI, yakni Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil untuk posisi Junior Engineer. Proses rekrutmen akan dilaksanakan secara tertutup berdasarkan data rekomendasi yang nantinya akan diberikan oleh Departemen.

“Nama rekomendasi yang diberikan maksimal sebanyak 100 orang per jurusan. Peluang ini juga terbuka bagi mahasiswa yang baru saja menyelesaikan yudisium, dengan syarat melampirkan Surat Keterangan Lulus (SKL). Program ini merupakan bentuk pendekatan langsung dari PT KPI untuk menjemput bola dari mitra Universitas,” ungkap Dewi Kurnia, perwakilan dari PT KPI.

Data yang diterima kemudian akan diseleksi oleh PT KPI. Setelahnya, PT KPI akan menyelenggarakan Career Days untuk mensosialisasikan alur dan tata cara yang perlu perlu diperhatikan selama proses rekrutmen berlangsung. Turut hadir pada pertemuan beberapa ketua departemen terkait, Dr. Deni Ferdian, S.T., M.Sc.; Dr. Eng. Arief Udhiarto, S.T., M.T.; dan Dr. Agus Sunjarianto Pamitran, ST., M.Eng.

Selain College Shopping, FTUI dan PT KPI juga tengah menjajaki peluang kolaborasi lain, salah satunya mengenai pengembangan studi lanjut di FTUI bagi karyawan PT KPI. Dalam diskusi ini, FTUI menawarkan program kelas pascasarjana dengan mata kuliah khusus yang disesuaikan dengan bidang perusahaan mitra, sehingga riset yang dihasilkan oleh mahasiswa dapat diaplikasikan secara langsung ke dalam perusahaan.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., menyampaikan, “Kami sangat menghargai inisiatif dari PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dalam melakukan College Shopping di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Kerjasama seperti ini tidak hanya membuka peluang bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, tetapi juga memperkuat ikatan antara industri dan pendidikan tinggi. Kami berkomitmen untuk mendukung proses ini dan berharap bahwa melalui kolaborasi ini, mahasiswa kami dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan perusahaan.”

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X