id
id

FTUI Perluas Kerjasama Pendidikan dengan Tokyo University of Agriculture & Technology (TUAT)

Fakultas Teknik Universitas Indonesia menerima delegasi dari Tokyo University of Agriculture & Technology (TUAT) bertempat di Ruang Dewan Guru Besar, Gedung Dekanat FTUI pada Selasa (13/02). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penjajakan kerjasama pendidikan dan penelitian.

Dalam sambutannya Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC., Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, meyampaikan, “Saat ini 11 Mahasiswa TUAT sedang menjalanin short course program yang kedua kali nya bekerjasama dengan Departemen Kimia FTUI. Kami berharap kolaborasi FTUI dan TUAT terus berlanjut untuk menguatkan hubungan antara FTUI dan TUAT, terlebih sekarang ini FTUI sedang memperluas Kerjasama pendidikan program Kelas Internasional, baik pada program sarjana hingga pasca sarjana. Sehingga kami berharap TUAT dapat menjadi partner mitra kami dalam program academic exchange kedepannya”.

“Kami sangat tertarik dengan penawaran kerja sama yang diberikan FTUI, sebelum menuju tahap selanjutnya kami akan mendiskusikan dan mematangkan terlebih dahulu terkait arrangement dan payment untuk program fee paying study abroad program ini. Kami berharap jalinan kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas Pendidikan maupun penelitian bagi kedua institusi,” ungkap Yukiko Horikiri, Ph.D., International Coordinator TUAT.

Pihak TUAT juga menyampaikan informasi mengenai peluang beasiswa melalui Japanese Government Scholarship (MEXT), untuk mahasiswa FTUI yang ingin mengikuti exchange program double degree. Selain itu, TUAT hanya menerima mahasiswa untuk international exchange program untuk fall semester.

Pada kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., mengungkapkan, “Kerja sama ini akan menjadi pintu gerbang memajukan kualitas pendidikan dan penelitian di lingkungan akademis. Kolaborasi internasional akan menjadi kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan diri dan merasakan beragam system Pendidikan. Dan menciptakan alumnus yang berkompeten dan berdaya saing global mengingat ditengah dunia yang serba bergejolak dan penuh ketidakpastian ini.”

Sebagai delegasi Tokyo University of Agriculture & Technology (TUAT), turut hadir Prof. Masafumi Yohda (Institute of Engineering TUAT), Prof. Umebayashi Kenta (Institute of Global Innovation Research TUAT), dan Yukiko Horikiri, Ph.D (International Coordinator TUAT).

Delegasi TUAT diterima oleh Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC (Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan) dan Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng., (Kepala Unit Wirausaha dan Inovasi Kepala Reverse Engineering Center).

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X