id
id

Raden Muhammad Naufal F. H., Ketua BEM FTUI 2024, Siap Membangun BEM FTUI 2024 yang Progresif dan Inklusif bagi IKM FTUI dan Indonesia

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (BEM FTUI) mengalami regenerasi pengurus. Kini BEM FTUI 2024 diketuai oleh Raden Muhammad Naufal Faris Herviadi (Teknik Mesin 2021) dengan Wakil Ketua Adella Nazwa Hanifa (Teknik Bioproses 2021). Keduanya diangkat menjadi Ketua dan Wakil Ketua pada 7 Februari 2024 pada acara pengukuhan yang dilaksanakan di Ruang K.206, FTUI. Proses pengukuhan tersebut turut dihadiri oleh seluruh ketua lembaga di IKM FTUI pada kepengurusan 2024.

Raden dan Adella memberi nama kabinetnya Arunika Biru Berderu yang melambangkan harapan baru, kebanggaan, dan kebersamaan dari BEM FTUI 2024 kepada warga Teknik. Visi yang dibawa oleh kabinet ini adalah BEM FTUI 2024 yang progresif dan inklusif dalam memberikan dampak signifikan bagi IKM FTUI dan Indonesia. Sementara itu, misi BEM FTUI 2024 terdiri atas:

  1. Mewujudkan tata kelola internal lembaga yang harmonis dan sistematis.
  2. Mengoptimalkan fungsi BEM FTUI sebagai koordinator lembaga eksekutif demi menciptakan arah gerak IKM FTUI yang progresif.
  3. Mengakselerasi pengembangan minat, bakat, dan pewadahan kebutuhan Mahasiswa FTUI secara inklusif.
  4. Mengeskalasi program kerja dalam upaya meningkatkan keberdampakan bagi IKM FTUI dan Indonesia.
  5. Membangun dan menjaga hubungan dengan stakeholders guna menciptakan ruang kolaborasi yang berkelanjutan.

Sebagaimana nama kabinetnya, BEM FTUI 2024 memiliki berbagai inovasi yang memberikan warna baru dalam kepengurusan ini. Inovasi tersebut adalah agile organization dan 7 pilar Arunika yang meliputi Koridor Sosling, Skill BEM: Project BP, Enterns: Go International, BEM Connect, Find Your Path, Center of Engineering Occupation: Hiring Days, serta Pesta Rakyat Teknik.

Saat ini, BEM FTUI 2024 sedang melaksanakan pembentukan dan perekrutran terbuka Badan Pengurus. Pada proses pembentukan, Badan Pengurus Harian BEM FTUI 2024 membuat Lembar Perencanaan dan Eksekusi (Lempersus) dan Rancangan Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT). Sementara itu, pada proses perekrutan terbuka, calon badan pengurus BEM FTUI 2024 akan melaksanakan penugasan bidang dan wawancara.

“Saya termotivasi untuk maju sebagai Ketua BEM FTUI karena melihat kondisi IKM FTUI yang berada di ujung tanduk setelah berbulan-bulan tidak kunjung mendapatkan pemimpin di BEM FTUI. Saya melihat ini sebagai panggilan yang harus saya jawab karena saya adalah orang yang beruntung, telah mendapat pengalaman sebagai Ketua Ikatan Mahasiswa Departemen pada tahun sebelumnya. Semoga langkah yang saya ambil juga bisa menebar manfaat bagi seluruh warga Teknik di masa kini dan masa yang akan datang,” ujar Raden.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, memberikan tanggapannya pada kesempatan lain, “Kesadaran untuk mengemban tanggung jawab yang dimiliki Raden dan Adella patut diapresiasi dan dijadikan contoh oleh mahasiswa lainnya. Selain itu, kita juga harus membantu menyukseskan program kerja yang dimiliki BEM FTUI 2024 sebab kebaikan ini akan kembali ke kita sebagai warga Teknik. Saya mengucapkan selamat kepada Raden dan Adilla selaku Ketua dan Wakil Ketua FTUI 2024. Semoga BEM FTUI 2024 dapat menjadi cahaya bagi FTUI dan Indonesia.”

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X