id
id

Kuliah Tamu Inovasi Material dengan Teknologi AI Machine Learning dari Assoc. Prof. Su-mi Hur

Associate Professor Su-mi Hur dari Chonnam National University, Gwangju Korea Selatan menyampaikan kuliah tamu yang menginspirasi di Smart Meeting Room Makara 04 (19/02). Dalam kuliah tamu berjudul “Exploring New Frontiers: Machine Learning and Computational Strategies in Materials Design and Engineering,” Assoc. Prof. Su-mi Hur membahas dampak teknologi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning dalam akselerasi penemuan material baru yang inovatif.

Dalam sesi yang dimulai pukul 10:00, beliau menyoroti perkembangan terbaru dalam penerapan AI Machine Learning dalam menciptakan material yang tidak hanya optimal secara fungsional, tetapi juga ramah lingkungan dan hemat energi. ”Teknologi ini dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya nomor (7) Energi bersih dan terjangkau, serta nomor (13) Penanganan perubahan iklim.”

Acara kuliah tamu ini dibuka oleh Dr.rer.pol. Romadhani Ardi, S.T., M.T., Manajer Kemahasiswaan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat FT UI. Romadhani Ardi melihat bahwa pandangan dan pengetahuan Assoc. Prof. Su-mi Hur dalam bidang rekayasa material dengan memanfaatkan AI Machine Learning memiliki potensi besar untuk mendukung visi pembangunan berkelanjutan yang dikejar oleh universitas. Hal ini mencerminkan pentingnya menjalin kerjasama yang konstruktif dan berkesinambungan untuk mewujudkan inovasi yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang teknologi material.

Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU., Dekan FTUI, menegaskan komitmen FTUI terhadap pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas riset di masa depan. “Kami sangat menghargai kehadiran Assoc. Prof. Su-mi Hur di kampus kami dan pembagian wawasan mendalamnya mengenai pengembangan material melalui penerapan AI Machine Learning. Kolaborasi semacam ini sangat krusial dalam memajukan riset dan inovasi di bidang teknik material, dan kami berharap hal ini akan menjadi landasan untuk kerjasama lebih lanjut antara FT UI dan Chonnam National University.”

Kuliah tamu ini juga merupakan bagian dari program Faculty Mobility Program (FMP) 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Universitas Indonesia. Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) berhasil memenangkan program ini, sehingga Prof. Su-mi Hur akan berada di Departemen Teknik Metalurgi dan Material (DTMM) FT UI selama 5 hari, mulai dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024. Selama kunjungannya, Prof. Su-mi Hur tidak hanya memberikan kuliah, tetapi juga mengadakan workshop dan rapat manajemen untuk membahas potensi kerjasama antara FT UI dan Chonnam National University.

Dr. Ir. Jaka Fajar Fatriansyah M.Sc., yang merupakan Penanggung Jawab FMP 2024, menyatakan bahwa kunjungan Prof. Su-mi Hur bukan hanya memberikan pemahaman baru dalam rekayasa material menggunakan AI Machine Learning, tetapi juga memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk mengejar karir di dunia akademia dan riset. ”Diharapkan bahwa kolaborasi antara FT UI dan Chonnam National University akan membuka pintu inovasi lebih lanjut dalam pengembangan material yang mendukung keberlanjutan,” jelasnya.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X