id
id

Fakultas Teknik UI Selenggarakan Angkat Sumpah Profesi Insinyur untuk 58 Lulusan

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menggelar seremoni Angkat Sumpah Profesi Insinyur pada Jum’at, (03/01) lalu. Acara yang berlangsung di Ruang Makara 04 Smart Meeting Room FTUI ini dihadiri oleh 58 lulusan baru Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) FTUI Semester Gasal 2023/2024.

“Jumlah peserta yang hadir pada hari ini sebanyak 58 lulusan dari Angkatan 2022 dan 2023, menambah total jumlah lulusan PS-PPI menjadi 284 orang. Dari total lulusan ini, 33 merupakan dosen Fakultas Teknik dan 3 orang dosen Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Saya mengucapkan selamat kepada para lulusan yang akan mengikuti angkat sumpah profesi insinyur ini. Semoga para lulusan dapat mengabdikan diri pada profesi insinyur dengan penuh dedikasi dan semangat untuk memberikan dampak yang unggul bagi masyarakat dan negara kita,” ungkap Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan FTUI.

Dalam sambutannya, Ir. Habibie Razak, S.T., M.M., IPU., ACPE., Asean Eng., Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia (PII), menyoroti perkembangan profesi insinyur di Indonesia. “PII saat ini merupakan organisasi profesi tertua kedua di Indonesia setelah IDI. Selama 71 tahun terakhir, Insinyur Indonesia melalui PII telah berperan aktif dalam pembangunan nasional. Sejak didirikannya Program Profesi Insinyur pada tahun 2016, telah tercatat lebih dari 23.000 insinyur dihasilkan dari sekitar 44 perguruan tinggi. Ini menunjukkan bahwa insinyur Indonesia mampu bersaing tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di tingkat global,” ujar Ir. Habibie.

Setelah pidato sambutan, dilakukan pembacaan laporan lulusan oleh Prof. Dr. Fitri Yuli Zulkifli, S.T., M.Sc., IPU., Ketua Program Studi PS-PPI. Dari dua program yang tersedia, PS-PPI FTUI telah meluluskan 179 insinyur melalui jalur reguler dan 105 insinyur melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Dari 58 peserta yang hadir, 19 di antaranya lulus dengan predikat Summa Cum Laude, 18 dengan predikat Cum Laude, dan 21 dengan predikat Sangat Memuaskan.

Prosesi pengalungan medali dan helm proyek dilakukan secara simbolis kepada dua perwakilan lulusan PS-PPI, yaitu Ir. Widiyanto Saputro, S.kom., M.M., IPM., Asean Eng.; dan Ir. Madelestin, S.T. Pengalungan medali dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. serta Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI. Sedangkan pemakaian helm proyek dilakukan oleh Ir. Habibie Razak, S.T., M.M., IPU., ACPE., Asean Eng. serta Dr. Ir. Yuliarman Saragih, S.T., M.T., IPM., Ketua Bidang Pengembangan Program Profesi Insinyur Jawa Barat. Acara ditutup dengan pembacaan sumpah insinyur oleh peserta dan foto bersama seluruh peserta Angkat Sumpah Profesi Insinyur.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X