id
id

FTUI Perluas Kolaborasi Global bersama MJIIT UTM

Rabu (21/02) Fakultas Teknik Universitas Indonesia menerima delegasi Malaysia-Japan International Institute of Technology (MJIIT), Universiti Teknologi Malaysia (UTM di Ruang Rapat Senat, Gedung Dekanat FTUI. MJIIT merupakan perguruan tinggi di Malaysia yang mengkombinasikan antara sistem pendidikan tinggi Malaysia dengan metode penelitian yang dimiliki oleh negara Jepang Delegasi ini dilakukan dalam rangka perkenalan MJIIT-JICA dan diskusi peluang kerjasama khususnya kolaborasi dengan industry.

“Saat ini FTUI sudah 10 tahun menjalin kerjasama dengan universitas mitra di jepang dan melakukan beberapa kerjasama dengan pihak industri. Kami berharap pertemuan hari ini dapat menghasilkan kolaborasi baru dengan MJIIT UTM baik dalam bidang akademik maupun penelitian,” ungkap Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum dalam sambutannya.

“Melalui pertemuan ini kami ingin mengajak FTUI untuk bergabung dalam konsorsium, yang dimana konsorsium ini akan menjadi wadah kolaborasi antara FTUI dengan industri Jepang. Kami juga memiliki Sangaku Renkei Center yang akan menjadi penjembatan antara para peneliti di internal univeritas tepatnya di FTUI dengan peneliti lain yang berada di lingkup perguruan tinggi di Jepang dan Asia Tenggara,” jelas Prof. Dr. Ali Selamat selaku Dean, MJIIT UTM.

Diakhir diskusi, kedua belah pihak sepakat untuk menjadwalkan pertemuan dan diskusi lanjutan untuk menindak lanjuti kolaborasi potensial pada bidang akademik terutama pada dual degree program antara MJIIT UTM dengan teknik mesin, teknik elektro, dan teknik kimia serta kolaborasi penelitian baik dengan mahasiswa atau dosen FTUI.

Pada kesempatan terpisah, Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, mengungkapkan “Pertemuan ini akan akan menjadi langkah awal yang baik untuk kedua institusi kedepannya untuk memperluas dan memperkuat Kerjasama global untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian kedua belah pihak, untuk menghasilkan alumnus yang berkualitas unggul dan berdampak.”

Pada delegasi MJIIT UTM turut hadir Prof. Dr. Ali Selamat (Dean, MJIIT UTM), Associate Prof. Dr. Nurulakmar Abu Husain (Deputy Dean for Academic, MJIIT UTM), Dr. Sumiaty Ambran (Senior Lecturer, Sangaku Renkei Manager, Industrial Linkage), Ms. Khairani Ibrahim (Deputy Registrar, MJIIT UTM), Mr. Isamu Hamada (Chief Advisor, JICA Expert), Ms. Emiko Hamada (Industrial Linkage, JICA Expert.

Delegasi MJIIT UTM diterima oleh Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D. (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum), Fadhilah Muslim S.T., M.Sc., Ph.D., DIC (Sekretaris Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan), Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto (Manajer Kerjasama, Venturadan Alumni), Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng., (Kepala Unit Wirausaha dan Inovasi Kepala Reverse Engineering Center) dan Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.T., M.Eng. (Sekretaris Departemen Mealurgi dan Material).

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X