id
id

FTUI Jalankan Monitoring & Evaluasi Akademik untuk 17 Mahasiswa Asing

Pada Selasa (27/2), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) mengadakan monitoring & evaluasi akademik fakultas untuk mahasiswa asing yang berkuliah di FTUI. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yanuar, M.Eng., M.Sc., Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., Manajer Pendidikan, Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Kepala Kantor Internasional FTUI, Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D., DIC, dan 17 mahasiswa asing dari berbagai negara (Pakistan, Finlandia, Timor Leste, India, Palestina, Tanzania, Bangladesh, Malawi, & Sudan Selatan). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Senat, Gedung Dekanat FTUI.

Agenda dalam kegiatan ini di antaranya untuk mengetahui kabar terbaru mengenai kehidupan akademik dan kemahasiswaan para mahasiswa asing yang mengenyam pendidikan di FTUI. Dan juga, dilakukan evaluasi pendidikan, kemahasiswaan, dan fasilitas berdasarkan masukan dari mereka. Adapun berbagai keresahan yang disampaikan oleh para mahasiswa asing, di antaranya mengenai kebersihan dan kenyamanan fasilitas, kesulitan berbahasa Indonesia, kendala transportasi dan penggunaan beam, dan kesulitan mendapatkan informasi mengenai kelas.

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan keprihatinan kami. Sejauh ini, satu-satunya tantangan yang saya hadapi adalah mengenai Bahasa Indonesia. Selain itu, ini merupakan pengalaman pembelajaran yang luar biasa,” ujar Muhammad Akib Laza Shah, mahasiswa dari Pakistan.

Dalam sambutannya, Prof. Yanuar menyampaikan “Kami berterima kasih atas segala masukan yang diberikan oleh mahasiswa asing FTUI saat ini. Jika mahasiswa asing FTUI ingin menyampaikan lebih lanjut terkait kebutuhan, kendala, atau harapan selama menjalani studi di FTUI, silahkan datang ke Kantor Internasional yang terletak di i-CELL lantai 6. Kami harap studi teman-teman dapat berjalan dengan baik hingga masa akhir studi.”

Di kesempatan terpisah Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU, Dekan FTUI, mengungkapkan, “Dalam upaya menjaga kualitas pendidikan dan pengalaman belajar mahasiswa asing di lingkungan FTUI, kami dengan penuh dedikasi menjalankan proses Monitoring & Evaluasi Akademik untuk 17 mahasiswa asing. Tindakan ini merupakan komitmen FTUI dalam memberikan dukungan maksimal terhadap kemajuan akademis dan kesejahteraan mahasiswa internasional, sehingga mereka dapat meraih kesuksesan dalam meniti perjalanan pendidikan mereka di lingkungan universitas kami.”

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X