id
id

Felix dan Rayhan, Sosok Wisudawan Terbaik FTUI 2024: Raih IPK Tinggi dan Prestasi Internasional

Fakultas Teknik sering kali dinilai sangat sulit untuk meraih IPK tinggi karena pembelajarannya yang rumit. Namun, stigma tersebut dipatahkan oleh dua wisudawan dengan predikat lulusan terbaik Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) pada wisuda FTUI, Sabtu (24/2/2024). Felix Yaman Kusuma dan Rayhan Danendra Wiracalosa, wisudawan program Sarjana Teknik Elektro dan Teknik Mesin tidak hanya berhasil meraih IPK terbaik tapi juga mempersembahkan berbagai penghargaan internasional bagi FTUI selama menjalani pendidikan.

Dengan IPK 3,91, Felix berhasil menjadi salah satu lulusan dengan IPK tertinggi. Tak hanya berprestasi dalam hal akademik, Felix juga aktif mengikuti organisasi dan lomba. Ia tergabung dalam Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI. Organisasi tersebut pernah memenangkan perlombaan Technogine 2022 dengan kategori Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV), perlombaan di University of Technology Malaysia, dan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN).

“Untuk mencapai ini semua, hal yang paling penting bagi saya adalah manajemen waktu. Saya berusaha sebaik mungkin membagi waktu saya untuk belajar, berorganisasi, dan lomba,” ujar Felix.

Rayhan lulus dengan gelar cumlaude dengan IPK 3,72 dan penghargaan lulusan terbaik kategori nonakademik S1 Reguler. Di tengah kesibukan berkuliahnya, Rayhan mampu mencetak delapan prestasi yang membanggakan, di antaranya Juara 1 Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) pada 2021, Juara 1 Prototype Concept Internal Combustion Engine pada 2022, dan meraih posisi ke-12 dalam Shell Eco-marathon World Championship. Prestasi-prestasi ini diraih Rayhan saat menjadi bagian dari Super Mileage Vehicle (SMV) UI.

Rayhan mengatakan, “Nilai yang saya dapatkan ini merupakan wujud komitmen saya terhadap diri sendiri dan orang tua. Akan tetapi, banyak softskills yang harus dikembangkan juga, seperti teamwork, komunikasi, adaptasi, dan berorganisasi. ”

“Saya  mengucapkan selamat kepada Felix dan Rayhan yang berhasil menjadi lulusan terbaik FTUI. Saya sangat bangga keduanya dapat meraih nilai yang tinggi sekaligus berprestasi di bidang nonakademik. Semoga ke depannya Felix dan Rayhan dapat memberikan dampak yang lebih baik lagi bagi masyarakat dan Indonesia,” ucap Dekan FTUI, Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., dalam memberikan apresiasi.

Prestasi Felix dan Rayhan mengantar mereka meraih penghargaan perwakilan Wisudawan Berprestasi di Bidang Akademik dan Non Akademik pada acara Pra-Wisuda FTUI yang diselenggarakan pada Sabtu (24/02) lalu. Penghargaan diserahkan langsung oleh Dekan dan Prof. Prof. Ir. Mahmud Sudibandriyo, M.Sc., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum.

***

Kantor Komunikasi Publik
Fakultas Teknik Universitas Indonesia

X